17 Tahun Lalu, Pasukan Israel Bunuh Fotografer Inggris di Gaza

Palestina, MINA – Tahun 2003 lalu, tepatnya tanggal 11 April, seorang Fotografer Inggris di Gaza bernama Tom Hurndall (22) ditembak kepalanya oleh tantara Zionis Israel. Palestinepost24 melaporkan seperti dikutip MINA, Sabtu (18/1).

Sesaat sebelum ditembak, Tom sedang mengambil gambar anak-anak Palestina yang saat itu tengah dihujani tembakan tentara Zionis Israel.

Saat itu, Sebagian besar anak-anak melarikan diri, tetapi tiga dari mereka, berusia empat hingga tujuh tahun, membeku ketakutan ketika tembakan dari tentara Zionis Israel berlanjut.

Tom berhasil membawa salah satu dari mereka ke tempat yang aman. Ketika dia kembali untuk mengambil kedua gadis kecil itu, seorang penembak jitu Zionis Israel menembak kepalanya.

Penembakan fotografer tersebut dimaksudkan agar kejahatan yang dilakukan tentara Zionis Israel tidak dapat disebarluaskan.

Meski dalam keadaan kritis, para pejabat Israel menunda transportasi ke perawatan medis khusus selama lebih dari dua setengah jam. Setelah itu, Tom baru dibawa untuk dirawat.

Tom tetap dalam keadaan vegetatif sampai 9 bulan setelah penembakan, ia Syahid.

Tom adalah seorang pelajar dan fotografer yang pergi ke Gaza tahun 2003. Tanggal 11 April, ia menyaksikan anak-anak yang bermain di dekatnya tiba-tiba berada di bawah tembakan senapan Israel. (T/R12/RS1).

Mi’raj News Agency (MINA).