22 Hari, Lumpur Villa Nusa Indah 2 Masih Tebal, UAR Komitmen Bersihkan

Personel lembaga kemanusiaan Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) bekerja membersihkan tumpukan sampah di salah satu rumah warga Komplek Villa Nusa Indah 2, Bojong Kulur, Kabupaten Bogor setelah banjir Bekasi, Jawa Barat, pada awal Tahun Baru 2020. (Foto: UAR)

Kabupaten Bogor, MINA – Pada hari ke-22 pascabanjir Bekasi sejak awal Tahun Baru 2020, lumpur tebal dan sampah masih menumpuk di kompleks Villa Nusa Indah 2 Bojong Kulur, Kabupaten Bogor, salah satu daerah terdampak.

Para relawan kemanusiaan Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) yang fokus membantu warga kompleks sejak awal, berkomitmen terus bekerja hingga semua warga dapat beraktivitas dengan normal kembali.

Pembina UAR Korwil Jabodetabek dan Banten Akhiru Sholeh mengungkapkan, kendala utamanya adalah lumpur dan sampah sampai dengan detik ini masih berserakan di lingkungan, menyumbat got-got dan membenam rumah-rumah warga.

“Peralatan juga sangat terbatas, yang mereka (warga) miliki hanya pacul, skop dan karung. Hal inilah yang mengundang perhatian Ukhuwah Al-Fatah Rescue untuk senantiasa tampil dan bergerak membantu masyarakat Villa Nusa Indah 2,” kata Sholeh kepada MINA, Rabu (22/1) siang.

Menurutnya, kebanyakan warga sudah lelah mengingat rentang waktu yang begitu panjang sejak awal Tahun Baru hingga kini rumah dan lingkungan mereka belum bisa dibersihkan.

“Untuk membersihkan rumah kebanjiran saja itu sudah sangat melelahkan dan sangat menyita waktu. Sehingga ketika mereka melihat selokan ataupun saluran air di depan rumah, yang terbayang sudah stress duluan,” katanya.

Menurutnya, bantuan dari pihak kelurahan ataupun desa sudah bagus, akan tetapi masih perlu lebih maksimal.

Ia mengimbau lembaga-lembaga sosial bisa membantu masyarakat terdampak banjir dari sisi logistik atau makan, mengingat dapur mereka masih belum kondusif.

UAR pun masih membutuhkan bantuan donasi untuk mendukung kerja amal sosial personelnya dalam membersihkan dampak banjir di Pondok Gede Permai Bekasi dan Villa Nusa Indah 2 Bogor.

Pada Tahun Baru, banjir besar melanda bilangan Bekasi dan berdampak pula pada daerah perbatasan Kabupaten Bogor. (L/RI-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)