Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

25 Muslim Lolos ke Lok Sabha India, Empat Wakili Kashmir

Rudi Hendrik - Jumat, 7 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jumat, 7 Juni 2024 - 21:42 WIB

11 Views

Ilustrasi: Sekelompok Muslim yang melakukan perjalanan dari dataran ke Srinagar, Jammu dan Kashmir, India. (Foto: Masood Hussain)

Delhi, MINA – Sebanyak 25 politisi Muslim India lolos ke Lok Sabha (majelis rendah) setelah terpilih dalam pemilu 2024, empat orang mewakili negara bagian Jammu dan Kashmir.

Dari jumlah tersebut, hampir 14 dari anggota parlemen ini mewakili daerah pemilihan yang mayoritas penduduknya beragama Islam, termasuk Jammu dan Kashmir. Kashmirlife.net melaporkan.

Sebanyak 78 politisi Muslim ikut serta dalam pemilu Lok Sabha tahun ini. Jumlah ini turun signifikan dari pemilu sebelumnya ketika berbagai partai mengajukan 115 kandidat Muslim dengan 27 orang yang terpilih.

Para pemenang tersebut beberapa di antaranya kandidat Kongres Imran Masood dari Saharanpur, Afzal Ansari dari Ghazipur, Ketua AIMIM Asaduddin Owaisi di Hyderabad.

Baca Juga: Jamaah Ashabul Kahfi Australia Doa Bersama untuk Ulama Aceh Tu Sop

Di Ladakh, kandidat independen Mohammad Haneefa menang dan Abdul Rashid Sheikh menang di Baramullah.

Di Uttar Pradesh, Mohibbullah dari Partai Samajwadi memenangkan kursi Rampur, sementara Zia Ur Rehman menang di Sambhal.

Keterwakilan Muslim pada Lok Sabha ke-16 (pemilu 2014) telah merosot ke titik terendah sejauh ini, yaitu 22 wakil. Pada Lok Sabha ke-15, 33 anggota tokoh terpilih. Jumlah anggota parlemen Muslim tertinggi di Lok Sabha terjadi pada tahun 1980, ketika 49 anggota komunitas terpilih. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Lima Orang Tewas Imbas Kekerasan Etnis di Manipur India

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Dunia Islam
Internasional
Internasional
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia