Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

30 Persen Bangunan di Jalur Gaza Hancur

Habib Hizbullah - Sabtu, 3 Februari 2024 - 10:28 WIB

Sabtu, 3 Februari 2024 - 10:28 WIB

7 Views

Gaza, MINA – Citra satelit, yang dianalisis oleh pusat PBB, menunjukkan bahwa 30 persen bangunan di Jalur Gaza hancur seluruhnya atau sebagian selama agresi pendudukan zionis Israel terhadap Jalur Gaza.

Pusat Satelit PBB (UNOSAT) dalam laporannya, Jumat (2/2) seperti dikutip dari PIC mengatakan, 69.147 bangunan rusak di Jalur Gaza, yaitu setara dengan sekitar 30 persen dari total bangunan di jalur itu.

“22.131 bangunan  hancur rata dengan tanah, 14.066 bangunan lainnya rusak berat, dan 32.950 bangunan mengalami kerusakan sedang,” jelas laporan itu.

Kantor media pemerintah di Gaza telah mengkonfirmasi pernyataan sebelumnya bahwa 70.000 unit rumah hancur total akibat pendudukan, dan 290.000 unit rumah hancur sebagian akibat pendudukan dan tidak dapat dihuni.

Baca Juga: Sandera Israel di Gaza Jadi Target Serangan Tel Aviv

Pusat tersebut menggunakan citra satelit yang diambil pada tanggal 6-7 Januari lalu, dan membandingkannya dengan enam rangkaian gambar lainnya, beberapa di antaranya berasal dari sebelum agresi pendudukan Israel terhadap Jalur Gaza.

“Tingkat kerusakan terbesar terjadi di kota Gaza dan Khan Yunis, dibandingkan dengan hasil analisis sebelum agresi,” terangnya.

Menurut pusat data tersebut, 10.280 bangunan rusak di Gaza, dan 11.894 di Khan Yunis, dibandingkan dengan analisis sebelumnya yang dilakukan oleh pusat tersebut berdasarkan foto yang diambil pada tanggal 26 November.

Analisis tersebut juga menunjukkan, sekitar 93.800 unit rumah rusak di Jalur Gaza.

Baca Juga: Tentara Israel Hancurkan 25 km Jalan di Jenin

Sejak tanggal 7 Oktober lalu, tentara pendudukan Israel melanjutkan agresinya terhadap Jalur Gaza, dengan dukungan Amerika dan Eropa, ketika pesawat-pesawatnya mengebom sekitar rumah sakit, gedung, menara, dan rumah-rumah warga sipil Palestina, menghancurkannya di atas kepala orang-orang Palestina, penduduknya, dan mencegah masuknya air, makanan, obat-obatan, dan bahan bakar.

Menurut Otoritas Jalur Gaza dan badan-badan internasional, agresi berkelanjutan pendudukan terhadap Gaza menyebabkan gugurnya 27.131 orang, melukai 66.287 orang, dan lebih dari 85 persen (sekitar 1,9 juta orang) penduduk Jalur Gaza harus mengungsi. (T/R12/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Aktivis Wanita Israel Lempari Ben Gvir dengan Pasir

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Palestina
Timur Tengah
Palestina
Palestina
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia