Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

31 Relawan UAR Ikuti Pelatihan USAR

sri astuti Editor : Bahron Ansori - Sabtu, 10 Agustus 2024 - 22:48 WIB

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 22:48 WIB

104 Views

Acara pembukaan pelatiahn Urban SAR yang diikuti oleh 31 relawan UAR. (Foto: MINA)

Bogor, MINA – Sebanyak 31 relawan Ukhuwah Al Fatah Rescue (UAR) mengikuti pelatihan Urban Search and Rescue (USAR), di Pusdiklat Jakarta Rescue, Citeko, Cisarua, Bogor, Sabtu (10/8).

Urban SAR adalah jenis operasi penyelamatan teknis yang melibatkan penentuan lokasi, evakuasi, dan stabilisasi medis awal bagi korban yang terjebak di daerah perkotaan, yaitu keruntuhan struktur akibat bencana alam, perang, terorisme atau kecelakaan, ranjau dan parit yang runtuh.

Mereka yang hadir masing-masing dari Korwil Jabodetabek sebanyak 17 orang, Jawa Barat 6 orang, Lampung empat orang, Jawa Tengah dua orang dan Banyumas dua orang.

Ketua Umum UAR Endang Sudrajat mengatakan, pelatihan USAR ini bukan sekedar kegiatan rutin, tapi merupakan sebuah komitmen nyata untuk meningkatkan kesiapsiagaan serta keterampilan dalam menghadapi situasi darurat di lingkungan perkotaan dan lebih siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Baca Juga: Antisipasi Megathrust Ratusan Warga Cilacap Ikuti Simulasi Evakuasi Gempa dan Tsunami

“Kami percaya setiap peserta yang hadir memiliki tekad yang sama, yakni untuk belajar, berbagi dan menjadi lebih siap  dalam menghadapi tantangan-tangan di masa depan, ” ujar Endang saat pembukaan pelatihan.

Oleh karena itu ia berharap semua peserta pelatihan dapat memanfaatkan kesempatan pelatihan ini dengan sebaiknya-baiknya.

“Jadikanlah setiap pelajaran yang diperoleh sebagai bekal berharga untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan negara,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Jakarta Rescue Hadianto berharap semua peserta dapat lulus seleksi sehingga dapat mengikuti pelatihan dengan instruktur Prancis di bulan September.

Baca Juga: Jelang Duel Timnas Indonesia vs Australia, Ini Perbandingan Peringkatnya di FIFA

“Tim UAR yang ikut pelatihan sekarang harus lulus semua untuk bisa mengikuti pelatihan dengan instruktur Eropa (Prancis),” kata Hadianto yang sudah puluhan tahun terjun dalam kebencanaan baik di dalam maupun luar negeri.

Usai upacara pembukaan, para peserta langsung menerima materi pengenalan USAR, pengenalan alat-alat penyelamatan korban di bawah reruntuhan,  pengeboran gedung untuk penyelamatan serta materi lain yang terkait. []

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Menaker: Ada 46 Ribu Pekerja Kena PHK

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Kolom
Khutbah Jumat
Palestina
Indonesia
MINA Health
Indonesia