385 WNI Tiba di Asrama Haji, Jalani Asesmen dan Diinapkan Sementara

(Foto: Rana/MINA)

Jakarta, MINA – Sebanyak 385 warga Negara Indonesia () dari , diantaranya 43 anak-anak, yang terdiri dari 137 laki-laki dan 248 perempuan telah tiba di , Pondok Gede, Jakarta Timur (Jaktim).

Pantauan Kantor Berita MINA di lokasi, Jumat (28/4), para WNI termasuk enam mahasiswa alumni Ponpes Al-Fatah Indonesia yang telah berhasil dievakuasi tiba pukul 08.25 WIB di Asrama Haji setelah perjalanan menggunakan sekitar 15 bus TransJakarta dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Asisten Deputi Kedaruratan dan Manajemen Pasca Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Nelwan Harahap, menyampaikan, proses pemulangan para WNI ke daerah masing-masing paling cepat pada Sabtu (29/4) siang.

“Setelah melakukan asesmen baik pendataan ulang dan pemerikaaan kesehatan,  evacuee akan diinapkan di penginapan Asrama Haji dahulu. Paling cepat besok siang para evacuee sudah dapat dipulangkan ke daerah masing-masing.  Bagi keluarga yang akan bertemu di Asrama Haji bisa pada sehabis magrib hari ini,” kata Nelwan kepada MINA usai temu media, Jumat.

Setelah tiba, para WNI menjalani proses asesmen dengan melakukan pendataan ulang oleh petugas di Gedung Sebaguna – 3 Asrama Haji Pondok Gede.

Selain menjalani asesmen, para WNI yang dievakuasi dari Sudan menjalani tes swab COVID-19. Ketibaan para WNI di Asrama Haji ini mendapat penjagaan kepolisian.

Para WNI juga diinapkan selama sehari di penginapan Asrama Haji untuk mengembalikan kondisi kebugaran pasca perjalanan yang panjang dari Kota Khartoum menuju pelabuhan Sudan selama sekitar 16 jam perjalanan darat. Kemudian ditambah lagi perjalanan laut dari Port Sudan menuju Jeddah selama hampir 20 jam. Kemudian perjalanan terbang dari Jeddah menuju Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia Nomor penerbangan GA 991 selama sembilan jam.

Sebelumnya, 385 WNI telah tiba di Indonesia usai dievakuasi dari Sudan yang kini tengah dilanda perang. Sementara sisa dari total 902 WNI, akan dipulangkan pada 29 dan 30 April mendatang.(L/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)