386 Peserta Ikuti Final Tes Seleksi Petugas Ibadah Haji 2016

Jakarta, (MINA) – Kementerian Agama Republik Indonesia ( RI) melakukan tes seleksi akhir buat Petugas Pelaksana Ibadah () Arab Saudi Tingkat Pusat Tahun 1437H/2016M, di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Selasa, (24/5).

Sebanyak 386 orang peserta mengikuti ujian masing-masing dari Kementerian Agama, TNI, Polri, Media, dan juga instansi terkait seperti BPK, dan Sekretaris Negara, untuk memilih petugas sebanyak 146 orang.

“Untuk mendapat petugas yang profesional harus ada tes, seleksi dan penyaringan yang ketat, dalam rangka mencari calon petugas yang memiliki komitmen dan kompetensi untuk melayani jamaah,” kata Muhanir Yanis, Direktur Pembina Haji dan Umroh Kementerian Agama.

Seleksi hari Selasa ini merupakan final dari rangkaian tes keseluruhan, peserta merebutkan 146 tiket untuk menjadi petugas pada penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2016.

“Dari situ akan dipilih sesuai dengan bidang masing-masing, komposisi dari layanan umum, layanan ibadah, perlindungan jamaah, siskohat (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu), perlindungan umum, dan untuk meliput kegiatan haji,” tambahnya.

Seluruh peserta diwajibkan mengikuti tes kelengkapan administrasi, tes tertulis, kemudian tes kompetensi, lalu wawancara. Awak mediapun akan ikut diberangkatkan dengan kuota non kloter sebanyak 20 orang, dan pada final tes ini ada 80 awak media yang melakukan tes seleksi. (L/M09/P2)

Wartawan: habibi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.