41 Ribu Orang Mati Setiap Tahun Akibat Konsumsi Alkohol di Perancis

Paris, MINA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Perancis baru-baru ini merilis sebuah laporan mengenai pengaruh konsumsi alkohol terhadap kesehatan manusia.

Menurut laporan Analodu Agency pada Rabu (20/2), Kemenkes Perancis telah melakukan penelitian pada 2015-2017 lalu, menyebutkan setiap tahunnya sekitar 30 ribu pria dan 11 ribu wanita kehilangan nyawa akibat penyakit terkait dengan konsumsi alkohol.

“Sebanyak 41 ribu orang mati akibat konsumsi alkohol di Perancis,” kata laporan itu.

Penelitian Kemenkes juga menjelaskan 16 ribu orang meninggal akibat jenis kanker yang berkembang akibat alkohol.

Dalam laporan tersebut, alkohol menjadi penyebab kematian bagi 11 persen pria dan 4 persen wanita.

Setiap hari 26 persen orang kelompok umur 65 sampai 75 tahun mengonsumsi alkohol, sedangkan mereka yang berumur 18 sampai 24 sering tak sadarkan diri karena mengonsumsi alkohol.

Sebelumnya, beberapa bulan lalu Menteri Kesehatan Perancis Agnes Buzyn menerima surat terbuka dari pengelola Yayasan Peduli Masyarakat Ketergantungan Alkohol, yang menyerukan untuk meningkatkan pajak minuman beralkohol.

Dalam surat tersebut, yayasan itu menyampaikan Prancis belum memerangi secara maksimal ketergantungan masyarakat terhadap alkohol. (T/R10/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.