Di Saudi 450.000 Orang Mendaftar Haji Dalam 24 Jam Pertama Pendaftaran

Tawaf Haji

Jeddah, MINA – Kementerian Haji dan Umrah Saudi mengatakan, portal elektronik untuk jamaah haji domestik telah menerima lebih dari 450.000 pendaftaran dalam waktu 24 jam setelah dibuka.

“Pendaftaran laki-laki mencapai 60 persen dan perempuan 40 persen dari total aplikasi,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan pada Rabu (16/6), demikian Arab News melaporkan.

Pendaftaran bagi mereka yang ingin melakukan haji pada tahun 2021 dibatasi untuk warga dan penduduk di dalam Kerajaan, dengan total 60.000 peziarah, sehubungan dengan pandemi virus corona (COVID-19).

Dr Abdulfattah Mashat, wakil menteri haji dan umrah mengatakan bahwa hanya mereka yang berusia di atas 18 tahun yang akan diizinkan memasuki tempat-tempat suci selama musim haji tahun ini.

Dalam sebuah wawancara di saluran TV Al-Ekhbariya, Mashat mengatakan, anak-anak tidak akan termasuk dalam kelompok yang menerima vaksin dan tidak akan diizinkan memasuki situs tersebut.

Wakil menteri menegaskan bahwa aplikasi untuk haji tahun ini tersedia untuk semua negara melalui portal elektronik.

Prioritas akan diberikan kepada orang-orang di atas 50 yang belum pernah melakukan haji. Di antara pelamar untuk haji tahun ini adalah pejabat senior budaya dan keterlibatan Saudi berusia 25 tahun di Bupa Arabia, Mohammed Gamlo.

“Saya memiliki banyak keraguan tentang haji tahun ini; apakah saya bisa ikut tahun ini atau tidak?” katanya kepada Arab News

“Saya sangat senang ketika kementerian membuat pengumuman dan saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus menjadi yang pertama mendaftar,” tambahnya.

Jika pendaftaran Gamlo diterima, ini akan menjadi pengalaman haji pertamanya. “Setiap kali saya mencoba pergi haji, tidak pernah berhasil,” ujar Gamlo.

Dia mengatakan bahwa jumlah jamaah yang terbatas akan memudahkan perjalanan.

Ia menambahkan bahwa itu adalah peluang bagus yang mungkin tidak akan terjadi lagi. Ia juga mengomentari perbaikan yang dilakukan oleh kementerian tersebut, Gamlo mengatakan:

“Tenda telah dimodernisasi, kapasitas telah meningkat dan transportasi antar tempat suci telah difasilitasi, berkat kereta api dan bus,” katanya.

Persiapan kementerian akan terus dilakukan hingga akhir pekan ini, sesuai dengan persyaratan dan standar kesehatan untuk menjaga kualitas pelayanan yang diberikan kepada jamaah haji.

Pendaftaran jamaah haji domestik harus diselesaikan sebelum 23 Juni. (T/R6/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)