542 Pelanggaran Israel Terhadap Jurnalis Palestina Sejak Awal Tahun 2023

Gaza, MINA – Kantor media pemerintah di Jalur Gaza mengatakan bahwa pendudukan telah melakukan 542 pelanggaran terhadap jurnalis sejak awal tahun 2023 ini.

“Ketika dunia memperingati hari ini,Hari Solidaritas Internasional dengan   yang jatuh pada tanggal 26 September setiap tahun, pasukan pendudukan terus melakukan serangan dan pelanggaran terhadap mereka, Jurnalis Palestina,” demikian pernyataan pers Kantor Media di Jalur Gaza seperti dikutip dari PIC, Selasa (26/9).

Pernyataan itu menyebutkan, lebih dari 131 jurnalis laki-laki dan perempuan terluka akibat terkena peluru logam panas dan berlapis karet, dipukuli, diseret, dan dijadikan tameng manusia, serta 92 kasus penangkapan, pemanggilan, penahanan, perpanjangan penangkapan, deportasi, dan tahanan rumah.

Dia menjelaskan, pendudukan menghalangi dan menghambat pekerjaan lebih dari 189 jurnalis untuk mencegah mereka mengungkap kejahatan pendudukan, tindakan tersebut termasuk menghancurkan peralatan dan menggunakan beberapa di antaranya sebagai tameng manusia.

Dalam pernyataannya, kantor tersebut mengungkap 32 kasus pembobolan, penggerebekan, dan perusakan rumah dan institusi jurnalis, serta 3 kasus larangan bepergian dan penyitaan peralatan, sejak awal tahun ini.

“Tercatat lebih dari 80 kasus pelanggaran oleh situs media sosial yang bekerja sama dengan pendudukan, dengan dalih melanggar aturan penerbitan,” ungkap Kantor Media Pemerintahan itu.

Dia mengatakan, penjajah Israel kreatif dalam menyiksa jurnalis yang ditahan di penjara pendudukan, di mana kami mendokumentasikan 15 kasus, jurnalis menjadi sasaran interogasi, isolasi dan pencegahan yang kejam, keluarga serta pengacara mereka dilarang mengunjungi mereka, termasuk penulis Walid Daqqa, yang menderita karena kelalaian medis dan dilarang untuk dibebaskan setelah masa penahanannya berakhir. Meskipun kondisi kesehatannya memburuk karena kanker yang dideritanya, ia menyerukan pembebasan segera terhadap 21 jurnalis yang mendekam di ruang bawah tanah penjara pendudukan.

Kantor media pemerintah di Gaza memberi hormat kepada para jurnalis Palestina atas pengorbanan mereka, memikul tanggung jawab, dan melanjutkan pekerjaan jurnalistik mereka di bawah tekanan bahaya yang ekstrem, dan menegaskan kembali solidaritas mereka terhadap mereka.

Ia mengapresiasi peran jurnalis Palestina dalam menampilkan aspek kemanusiaan, meliput peristiwa yang terjadi di Palestina, dan mendokumentasikan serangan kejahatan yang dialami rakyat Palestina akibat pendudukan Zionis.

Ia menekankan pentingnya fungsi dan peran positif pers dalam masyarakat, terutama mengungkap pelanggaran hak asasi manusia, menyerukan kampanye solidaritas seluas-luasnya, dan mengakhiri impunitas bagi pelaku penyerangan serius terhadap mereka.

Kantor itu meminta semua organisasi hak asasi manusia dan kemanusiaan yang membela kebebasan media Arab dan internasional untuk mengambil tindakan lebih lanjut guna mengungkap kebijakan pelanggaran sistematis Zionis terhadap jurnalis Palestina dan memberi mereka perlindungan penuh terhadap gangguan Israel terhadap mereka.

Dia menyerukan agar para penjahat perang Zionis diadili dan membawa mereka ke pengadilan internasional dengan latar belakang kejahatan perang keji yang dilakukan terhadap rakyat Palestina pada umumnya dan jurnalis pada khususnya.

Pada tanggal 26 September setiap tahun, rakyat Palestina memperingati Hari Solidaritas Internasional dengan Jurnalis Palestina sejak disetujui oleh Federasi Jurnalis Internasional pada tanggal 26 September 1996, menyusul peristiwa “Hadiah Terowongan”. (T/R12/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.