60 Negara Hadiri Konferensi Media untuk Palestina di Istanbul

 

Istanbul, MINA – Peserta dari 60 negara menghadiri konferensi media  untuk meningkatkan kesadaran dunia tentang perjuangan Palestina, yang diadakan di Istanbul, dibuka Sabtu (17/11).

Konferensi dua hari ini diselenggarakan oleh Forum Internasional Palestina untuk Media dan Komunikasi yang berbasis di Beirut, konferensi  bertema “Palestina Mengatasi Dunia”, menyatukan ratusan jurnalis, akademisi dan penulis dari sekitar 60 negara di seluruh dunia, termasuk wartawan Rifa Berlian Arifin, wartawan Kantor Berita MINA dari Indonesia.

“Kami di sini di Istanbul untuk membawa organisasi media di seluruh dunia bersama-sama untuk meningkatkan kesadaran terus-menerus tentang perjuangan Palestina,” Bilal Khalil, direktur forum, mengatakan kepada Anadolu Agency.

“Tujuan besar kami adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang universalitas Palestina dan menciptakan platform jejaring bagi para profesional media dari seluruh dunia,” katanya.

Dia mengatakan sekitar 700 wartawan dari 300 lembaga pers internasional dan organisasi media ikut serta dalam konferensi tersebut.

Hisham Qassim, Sekretaris Jenderal forum, mengatakan konferensi itu bertujuan untuk memobilisasi upaya orang-orang media untuk terus membela perjuangan Palestina.

“Kami bekerja untuk meningkatkan kesadaran mengenai perjuangan Palestina di antara orang-orang dari seluruh dunia,” katanya dalam pidato pembukaannya.

Dia mengatakan pertemuan itu “memberi kesempatan bagi media dan menekan orang-orang untuk bertemu dan bertukar pengalaman mereka dengan maksud untuk memahami perjuangan Palestina dan menyebarkan kebenarannya.”

Dalam pidatonya, Qassim mengecam pelanggaran Israel yang sedang berlangsung terhadap jurnalis dan organisasi media di wilayah Palestina, seperti yang terbaru pemboman kantor pusat televisi Al-Aqsa di Jalur Gaza.

Awal pekan ini, pesawat tempur Israel menembakkan setidaknya 10 rudal di televisi Al-Aqsa yang dikelola Hamas, menghancurkan seluruh gedungnya.

Sejak akhir Maret, lebih dari 200 warga Palestina telah tewas dan ribuan lainnya terluka oleh tembakan tentara Israel selama protes anti-pendudukan dekat perbatasan Jalur Gaza.

Menurut situs webnya, forum itu mengatakan bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antara organisasi media Arab dan internasional untuk mendukung perjuangan Palestina dengan menyelenggarakan forum media, konferensi khusus, dan lokakarya pelatihan, serta mengoordinasi kampanye media. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)