618 Wartawan Liput KTT Arab di Dhahran Saudi

Media Center ke-29 di Saudi (Arab News)

Dhahran, MINA – Sejumlah 618 siap meliput KTT Negara-negara Arab ke-29 di Dhahran, Provinsi Timur Arab Saudi, Ahad (15/4/2018).

Pusat kegiatan akan ditempatkan di Hotel Mercure di Alkhobar dan King Abdulaziz Center for World Culture. Arab News melaporkan.

Menteri Kebudayaan dan Informasi Awwad Al-Awwad pada Sabtu mengunjungi pusat media di Hotel Mercure untuk memeriksa persiapan yang ditetapkan oleh kementerian untuk acara KTT.

Pusat Media dikelola oleh 25 pemuda Saudi, untuk melayani dukungan penuh kepada lebih dari 600 jurnalis.

Para wartawan, termasuk 423 reporter dari luar Arab Saudi, mewakili saluran berita Arab, Islam dan internasional.

Khaled Mataen, Direktur Media dan Hubungan Masyarakat Kementerian Media Asing, mengatakan: “Kementerian telah melengkapi pusat dengan peralatan terbaru. Termasuk komputer dan jaringan internet lengkap untuk memungkinkan wartawan mengirim berita dan laporan mereka lebih cepat”.

Termasuk mesin faks, saluran telepon internasional dan studio liputan langsung menggunakan satelit untuk semua saluran lokal dan internasional, imbuhnya.

“Sejumlah pemdua Saudi mengelola pusat media tersebut. Mereka akan siap untuk menawarkan bantuan apa pun yang dibutuhkan wartawan, seperti data, statistik, dan informasi. Ini akan membuat pekerjaan mereka lebih mudah terkait dengan informasi KTT,” imbuhnya.

Mataen menambahkan, pekerjaan media center menyiapkan semua bahan berita yang terkait dengan KTT dan menampilkannya langsung di layar lebar untuk para wartawan.

Jumlah wartawan yang terdaftar untuk meliput KTT Arab telah mencapai 618, meliputi wartawan dari kantor berita internasional, kantor berita negara, Pusat Komunikasi Pemerintah dan Pusat Komunikasi Internasional.

Wartawan Aljazair, Kareem Ali Loch mengatakan, senang bisa meliput pertemuan itu.

Dia juga memuji upaya kementerian untuk membantu wartawan dalam tugas peliputan acara tersebut.

Jurnalis televisi negara Turki, Talib Abdullah Oglo juga memuji layanan media dan peralatan yang disediakan di pusat-pusat media. Dia juga berterima kasih kepada penyelenggara untuk fasilitas dan sambutan yang ramah kepada mereka.

Sejumlah isu global akan dibahas dalam KTT Arab ke-29 tersebut,seperti masalah Palestina, Suriah dan Yaman. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.