DELAPAN PEMUDA PALESTINA GUGUR, 100 TERLUKA DALAM INTIFADHAH III

iring iringan jenazah syahid palestina
iring iringan jenazah syahid palestina

Al-Quds, 26 Dzulhijjah 1436/10 Oktober 2015 (MINA) – Sedikitnya 8 warga Palestina gugur sebagai syuhada dan lebih dari 100 terluka pada Jum’at (9/10) dalam berbagai bentrokan sengit melawan militer zionis Israel pecah di sejumlah wilayah di Tepi Barat, Al-Quds dan Jalur Gaza.

Juru bicara resmi Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, Ashraf Al-Qedra menyatakan kepada kantor berita setempat Safa, bahwa 6 enam warga Palestina satu di antaranya bocah meninggal dalam berbagai bentrokan melawan tentara zionis.

Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) Jalur Gaza, menyebutkan, bentrokan terjadi di timur kota Gaza dan timur kota Khan Younis, Gaza Selatan. Termasuk korban ketujuh di utara Khan Younis.

Al-Qedra menjelaskan bahwa para syuhada tersebut adalah : Syadi Husam Dola (20), Ahmad Abdurrahim al Harbawi (20), Abid Allwahidi (20), Muhammad Hisyam Al Reqb (15), Adnan Musa Abu Elyan (22), Ziyad Nabil Syarf (20).

Menurut Al-Qedra, sedikitnya 60 korban terluka, hingga Jumat (9/10) sore pukul 16.30, dalam sejumlah bentrokan di dekat lokasi militer Nahel Oz, timur kota Gaza, dan dekat perbatasan desa Al-Farhin timur kota Abasan, Khan Younis, Jalur Gaza Selatan.

Sementara di kota Khalil, wilayah selatan Tepi Barat, seorang pemuda Palestina berusia 19 tahun, Muhammad Faris Al-Ja’bary juga dikabarkan meninggal oleh tembakan militer zionis. Ia ditembak karena dituduh telah menikam seorang personil tentara zionis di pintu masuk barat pemukiman ilegal yahudi “Kriyat Arba'”.

Selain itu, sekitar 23 warga Palestina juga dikabarkan terluka dalam sejumlah aksi bentrokan lainnya di sejumlah wilayah terpisah di kota Khalil.Masih ditambah tujuh warga lainnya yang terluka oleh tembakan peluru karet dalam bentrokan di pintu masuk kota Bait Laham bagian utara.

Kepala Yayasan Medis bulan Sabit Merah Palestina di Khalil, Hijazy Abu Mizar mengatakan, 13 warga terluka parah oleh asap beracun dan puluhan lainnya terluka oleh tembakan peluru karet. Sebagian koran terluka di bagian kepala.

Sejumlah bentrokan lainnya meletus di lebih dari 15 titik yang tersebar di sejumlah wilayah di Tepi Barat, Al-Quds dan Jalur Gaza, di tengah ketegangan yang terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Sejumlah media lokal dari pihak Palestina maupun pihak zionis memberitakan bahwa Intifadhah III berada diambang pintu, akibat meningkatnya suasana mencekam yang terjadi antara kedua pihak. (K02/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Comments: 0