Pasukan Israel Serbu Masjid Al-Aqsha

Al-Quds, MINA – Pasukan pada Selasa (2/4) menyerbu Masjid Al-Aqsha di Yerusalem, menurut laporan seorang pejabat .

“Setidaknya sepuluh polisi Israel menyerbu setelah menyerang tiga penjaga,” kata Firas al-Dibs, seorang Juru Bicara Otoritas Wakaf Agama yang dikelola oleh Yordania di Yerusalem. Demikian dilansir dari Anadolu Agency.

Menurut Al-Dibs, polisi Israel juga menangkap dua warga Palestina dari dalam kompleks Gerbang Bab Al-Rahmah. Menurut sumber-sumber lokal, dua pemuda yang diidentifikasi adalah Bashar Najeeb dan Tawfiq Najeeb.

Pada 2003, otoritas Israel menutup Masjid Bab al-Rahma. Pada 2017, pengadilan Israel memperbarui perintah penutupan.

Ketegangan meningkat di Yerusalem sejak Februari, ketika polisi Israel secara paksa menyegel Gerbang Al-Rahma (terletak berdekatan dengan tembok timur Kota Tua Yerusalem), sebuah langkah yang memicu demonstrasi Palestina yang marah pada saat itu.

Baca Juga:  Israel Tutup Kantor Al Jazeera di Yerusalem 

Dalam dua bulan sejak itu, pihak berwenang Israel telah melarang sejumlah warga Palestina, termasuk pejabat agama untuk memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa, yang bagi umat Islam merupakan situs tersuci ketiga di dunia setelah Mekah dan Madinah di Arab Saudi.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel 1967. Mereka menduduki dan mengatur wilayah itu pada tahun 1980 dalam suatu langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional. (T/Ais/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.