Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Prediksi Cuaca Jakarta Masih Berpotensi Hujan Ringan Sabtu Ini

Lailatul Mukarromah Editor : Widi Kusnadi - 60 menit yang lalu

60 menit yang lalu

0 Views

Jakarta, MINA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi masih akan ada potensi hujan meski cukup kecil di wilayah Jakarta pada Sabtu (5/10).

Dalam sepekan terakhir, hujan ringan cukup rutin menghampiri Jakarta. Meski pekan ini intensitas hujan lebih rendah dari pekan lalu, masyarakat diminta untuk tetap bersiaga.

Di akhir pekan ini, hujan ringan diprediksi masih akan turun di kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Hujan yang turun memiliki intensitas ringan dengan durasi pendek sekitar satu jam menjelang matahari terbenam.

Suhu udara Jakarta relatif lebih rendah dari kemarin. Suhu udara rata-rata ada di bawah 30°C sepanjang hari.

Baca Juga: Pagar Tembok SMK Negeri 1 Kota Jambi Ambruk, Tiga Orang Meninggal

Bertepatan dengan HUT ke-79 TNI, BMKG melaksanakan Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat, untuk mengurangi dampak potensi hujan yang dapat mengganggu rangkaian acara.

“Terhadap adanya potensi hujan, perlu dilakukan antisipasi melalui pelaksanaan operasi modifikasi cuaca,” kata Deputi Bidang Modifikasi Cuaca BMKG Tri Handoko Seto melalui laman resmi yang dipantau di Jakarta.

Ia menjelaskan memasuki awal dasarian I Oktober 2024, berdasarkan prediksi cuaca dari model Global Forecast System (GFS) BMKG wilayah DKI Jakarta berpeluang terjadi hujan dengan intensitas 0.5 – 20 mm/hari.

Prediksi lain lanjut Seto, adanya potensi pertumbuhan awan hujan sedang hingga tinggi kurang dari 50 persen selama periode tanggal 3-5 Oktober 2024.

Baca Juga: Pegiat Media Berbasis Keagamaan Ikuti Pelatihan Jurnalisme Lingkungan

Menurutnya, dengan adanya prakiraan cuaca tersebut, maka dilakukan operasi modifikasi cuaca dalam rangkaian HUT Ke-79 TNI atas permintaan dari Mabes TNI yang disampaikan kepada BMKG.

Pada 3 Oktober 2024 telah dilakukan dua sorti penyemaian awan saat digelar serangkaian gladi resik di area Monas dan flypass atau aksi terbang formasi oleh pesawat-pesawat militer TNI.

“Saat puncak acara tanggal 5 Oktober 2024 yang berlangsung di Monas sejak pagi hingga siang hari, kami rencanakan 4 sorti penyemaian awan, menyesuaikan kondisi dan potensi ancaman cuacanya,” katanya.[]

 

Baca Juga: Wapres: Ekonomi Syariah Arus Baru Ketahanan Ekonomi Nasional

Mi’raj News Agency (MINA) 

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia