A. Umar: Makin Banyak Lulusan MAN Jakarta Diterima di PTN

 

Jakarta, MINA – A. Umar, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama,  mengatakan, pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di DKI Jakarta dan berprestasi.

Hal ini menurutnya ditandai dengan semakin banyak lulusan yang berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, demikian rilis Kemenag yang diterima MINA.

“Bahkan, 24 lulusan MAN 4 yang terletak di Pondok Pinang Jakarta Selatan, tahun lalu melanjutkan kuliahnya di luar negeri dengan program beasiswa,” kata Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) DKI Jakarta, Nur Pawaidudin di Jakarta, Selasa (7/5).

“Sementara itu sebanyak 96 persen lulusan MAN 13, tahun lalu diterima di PTN,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, di Jakarta terdapat 22 MAN, semuanya reguler, tidak ada yang secara regulasi (SK) berstatus unggulan. Tetapi keunggulan MAN di Jakarta tercermin dari kualitas dan prestasi lulusannya.

Ia menambahkan, selain MAN 4 dan MAN 13, di Jakarta juga ada MAN 12 yang memiliki keunggulan dari sisi hafalan Alquran.

Nur Pawaidudin memastikan kualitas pendidikan MAN di Jakarta tidak kalah dengan sekolah lainnya. “Karena kami menerapkan sekurangnya 200% kurikulum, 100% kurikulum Kemenag dan 100% kurikulum Kemendikbud. Kami bukan hanya mencetak siswa yang memiliki intelektualitas tinggi, tetapi juga akhlak yang baik,” tegasnya.

Sementara itu penerimaan siswa baru MAN tahun ini sudah dimulai sejak 7 Mei 2019 hingga 10 Mei untuk jalur prestasi. Sementara untuk jalur reguler, pendaftaran 10 – 14 Juni.

“Kami pastikan tidak ada titip-titipan dalam penerimaan siswa baru Madrasah Aliyah Negeri. Sebab semuanya online dan terpusat di Kanwil,” jelasnya.

Ia mengajak orang tua untuk memasukkan putra-putri yang sudah lulus MTS atau SMP untuk melanjutkan pendidikannya di Madrasah Aliyah.

“Jangan galau, jangan risau memasukkan putra-putrinya ke Madrasah. Sebab, saat ini lulusan Madrasah Aliyah Negeri semakin banyak yang diterima di PTN baik di UI, ITB, UIN dan bahkan melanjutkan ke luar negeri dengan beasiswa,” pungkasnya. (R/Gun/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.