Aat Surya Safaat: Empat Tips Komunikasi Efektif

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Wartawan senior LKBN ANTARA, Aat Surya Safaat menyampaikan empat tips efektif berkomunikasi dalam Workshop Public Speaking.

Acara yang diinisiasi Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran Shuffah Quran Abdullah Bin Mas’ud (STISQABM) dan Majelis Dakwah Pusat (MDP), diselenggarakan di Aula At-Taqwa, Komplek Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Sabtu (27/11).

Ia menjelaskan beberapa tips berkomunikasi yang efektif. Pertama, rajin membaca dan berdiskusi.

Kedua, membiasakan berinteraksi, lebih diutamakan menguaai bahasa asing terutama Bahasa Inggris.

Ketiga, aktif dalam organisasi. ”Seseorang yang ikut organisasi rata-rata pandai dalam berbicara dan berkomunikasi,” katanya.

Keempat, belajar dan kuasailah kemampuan menulis. Setelah menguasai kemampuan menulis, dilanjutkan dengan public speaking.

“Komunikasi tidak hanya ilmu yang dipelajari di kelas perkuliahan semata. Bahkan komunikasi telah diajarkan oleh Sang Pencipta, Allah Ta’ala melalui kitabnya Al-Quran menegaskan tentang bagaimana pentingnya komunikasi bagi ummat manusia,” ungkapnya.

Selain itu, Aat menuturkan komunikasi tidak hanya dapat mewujudkan hubungan terhadap sesama manusia (Hablumminannas), tetapi juga hubungan dengan Allah Sang Pencipta.

”Komunikasi tidak hanya untuk hubungan horizontal, tetapi juga menegakkan komunikasi secara vertikal kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala (Hablumminallah),” ujarnya.

Workshop yang bertema “Kiat Menjadi Pembicara Andal” itu diikuti oleh Jawa Barat, Bogor, Bekasi, Wonogiri, Banten, Jaktim dan Bekasi dan dilaksanakan secara hybrid (Daring dan luring). (L/tya/cha/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.