Presiden Abbas Undang Hamas dan Jihad Islam Bahas Aneksasi

Ramallah, MINA – Presiden Otoritas Palestina (PA) mengundang perwakilan dari Faksi dan Palestina (PID) untuk menghadiri pertemuan pekan ini guna membahas rencana Israel untuk menerapkan kedaulatannya di Tepi Barat.

Front untuk Pembebasan Palestina (PFLP) juga telah diundang untuk bergabung dalam diskusi, yang diperkirakan akan berlangsung di Ramallah pada hari Sabtu (16/5), i24News melaporkan.

Keputusan untuk mengundang para pemimpin berbagai faksi Palestina ke pertemuan itu dimaksudkan untuk mengirim peringatan kepada Israel dan pemerintah Trump, kata seorang pejabat senior PA kepada The Jerusalem Post.

“Presiden Otoritas Palestina [dan ketua Partai Fatah] Mahmoud Abbas, ingin menunjukkan bahwa ada kesatuan pendapat di antara faksi-faksi Palestina menentang rencana ,” tambah pejabat yang tidak disebutkan namanya itu.

Pekan lalu, Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Komite Sentral Fatah bertemu di Ramallah untuk membahas “bahaya rencana aneksasi Israel”.

Pada saat yang sama, berbagai faksi telah meningkatkan tekanan mereka pada Abbas, mendesaknya untuk melakukan ancaman dengan melanggar perjanjian yang ditandatangani dengan Israel.

Pemerintah baru Israel, yang akan dilantik pada hari Kamis (14/5), berencana untuk mulai bergerak maju dengan rencana aneksasi setelah 1 Juli, sesuai dengan proposal perdamaian Timur Tengah Trump, yang dapat melihat Israel memperluas kedaulatannya atas sejumlah besar wilayah Tepi Barat. (T/R7/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.