Abbas Akan Bertemu Hollande Bahas Rencana Perdamaian Perancis

Ramallah, 29 Jumadil Akhir 1437/8 April 2016 (MINA) – Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan bertemu Presiden Perancis Francois Hollande di Paris akhir bulan ini untuk membahas dorongan baru bagi perdamaian dari Perancis.

“Abbas akan memiliki pertemuan penting dengan Presiden Francois Hollande untuk membahas konferensi perdamaian internasional yang akan digelar sesuai dengan inisiatif Perancis,” kata Nabil Abu Rudeina, Juru Bicara Kepresidenan Palestina, demikian laporan IINA News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat.

Dia juga mengatakan, para pemimpin Palestina akan melakukan perjalanan ke Perancis pada 15 April mendatang, sebelum menuju ke Moskow untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan membahas evolusi situasi politik di Palestina dan wilayah.

“Abbas juga akan melakukan perjalanan ke Berlin untuk pertemuan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel sebelum terbang ke New York untuk menghadiri pertemuan di PBB, tetapi ia tidak memberikan tanggal yang tepat,” ujarnya.

Perancis meluncurkan upaya awal tahun ini menjadi tuan rumah konferensi internasional untuk menghidupkan kembali pembicaraan damai antara pemimpin Israel dan Palestina.

Pada awalnya berjanji untuk mengakui negara Palestina jika perundingan gagal, namun Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Marc Ayrault kemudian mengatakan pengakuan tidak akan secara otomatis.

“Perancis memainkan peran penting dalam upaya untuk membangun perdamaian yang adil, komprehensif dan tahan lama sesuai dengan resolusi internasional,” tambah Abu Rudeina.(T/R05/P001)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)