Abbas Minta Pemimpin Afrika Terus Dukung Palestina

Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (foto: Ma’an)

 

Bethlehem, 10 Syawal 1438/ 4 Juli 2017 (MINA) – Presiden Palestina Mahmoud Abbas meminta para pemimpin Afrika mendukung Palestina dan menekan Israel mengakhiri pendudukannya di Tepi Barat, Yerusalem Timur (Al-Quds), dan Gaza.

Hal itu disampaikan dalam sebuah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Afrika ke-29 pada Senin (3/7), di ibukota Ethiopia, Addis Ababa, demikian Ma’an News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Negara-negara Afrika harus terus menekan Israel untuk mengakhiri pendudukan militernya di wilayah Palestina,” kata Abbas.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan badan regional Afrika atas dukungan mereka yang terus berlanjut terhadap Palestina, khususnya di Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan menyatakan harapan bahwa upaya tersebut akan membantu mencapai jalan damai  menuju solusi dua negara.

Abbas memberi hormat kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menyatakan kesediaannya untuk mencapai kesepakatan antara Palestina dan Israel dengan mengatakan bahwa dia mewakili “suara harapan” untuk perdamaian.

Menurutnya, penyelesaikan konflik Israel-Palestina tidak akan diragukan lagi akan menurunkan penyebab terorisme di Timur Tengah dan sekitarnya.

Ia menyatakan kesediaannya untuk memperluas hubungan komersial dan ekonomi Palestina dengan benua Afrika.(T/R10/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)