Abbas Tolak Rencana Pembangunan RS Militer AS di Gaza

Gaza, MINA – Presiden Palestina Mahmoud Abbas menentang rencana pembangunan rumah sakit yang didanai Amerika Serikat (AS) di Jalur Gaza.

“Langkah-langkah tersebut menunjukkan bahwa Kesepakatan Abad Ini sedang diwujudkan bagian demi bagian,” kata Abbas pada pertemuan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Ramallah, Jumat (6/12), demikian Anadolu Agency melaporkan.

Menurut laporan, RS ini didanai oleh LSM Amerika Friend Ships, di mana rumah sakit ini rencananya akan dibangun di Gaza utara dekat perbatasan Israel.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Palestina Mai Alkaila juga mengkritisi rencana pendirian rumah sakit (RS) militer Amerika Serikat (AS) di Jalur Gaza utara di bawah dukungan Israel.

“Kami menolak pendirian rumah sakit (AS) ini, yang berada dalam Kesepakatan Abad Ini,” kata Alkaila demikian media Palestina Wafa yang dikutip MINA, Senin (2/12).

“Pembungkaman media tentang pembangunan rumah sakit ini menimbulkan banyak pertanyaan besar tentang tujuan sebenarnya,” tambahnya.

Menurutnya, jika Amerika ingin membantu rakyat Palestina di Jalur Gaza, seharusnya mendukung UNRWA, daripada memotong bantuan untuk lembaga itu. “Ada tanda tanya besar tentang rumah sakit ini, yang tidak sejalan dengan Kesepakatan Abad Ini,” katanya.

Al-Kaila juga meminta faksi-faksi Palestina dan orang-orang di Jalur Gaza bersatu untuk menggagalkan pembangunan rumah sakit militer AS tersebut. (T/HD/Ais/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)