Abdullah Hammoud Walikota Muslim Pertama di Dearborn AS

Michigan , MINA – Abdullah Hussein Hammoud (31) terpilih sebagai walikota Dearborn, sebuah kota di Wayne County di negara bagian Michigan, AS, dan menjadi Muslim pertama menjadi pemimpin di kota itu.

Hammoud, yang aktif sebagai sukarelawan di United Nations Relief and Work Agency, memenangkan pemilihan walikota pada Rabu (3/11), mengalahkan mantan Komisaris Wayne County, Gary Woronchak.

Laporan Detroit News menyebutkan, Hammoud memperoleh 55% suara berbanding 45% Woronchak, menurut catatan City Clerk.

Sekitar 47% penduduk Wayne County diidentifikasi sebagai orang Arab dan 29,1% adalah kelahiran asing, menurut sensus AS.

Hammoud menggantikan John Jack O’Reilly Jr, walikota sejak 2007 yang pemerintahannya menghadapi kritik atas penanganan banjir di pinggiran kota Detroit musim panas lalu.

Anggota parlemen negara bagian berusia 31 tahun itu menjadi pemimpin ketujuh untuk kota berpenduduk hampir 110.000 orang tersebut.

“Untuk anak perempuan dan laki-laki muda, kepada kalian yang pernah dibuat merasa bahwa nama kalian tidak disukai, dan kepada orang tua kita dan orang lain yang dipermalukan karena bahasa Inggris mereka yang rusak, tapi masih bertahan. Hari ini adalah bukti bahwa kalian adalah orang Amerika seperti orang lain, dan ada era baru di Dearborn,” katanya kepada ratusan penonton saat tampil di panggung Pusat Komunitas Mohammed Turfe, dekat Schaefer.

Abdullah Hammoud dari anggota keluarga Hiyam Makki, imigran dari Lebanon, akan memimpin lebih dari 770 pegawai tetap dan 1.700 pegawai paruh waktu ditambah anggaran yang diusulkan mencapai $135 juta (sekitar Rp1,9 trilun).

Ketika ditanya wartawan strategi memenangkan pemilihan walikota, ia menjawab, “Allah memiliki segala kemuliaan. Allah yang merencanakan, dan Dia adalah perencana yang paling hebat.” Katanya, seperti disebut Detroit Free Press, edisi Rabu (3/11).

“Dalam beberapa pekan mendatang, kami akan mengumumkan tim kami, pekerjaan administrasi kami, dan peluang keterlibatan komunitas. Sehingga kami dapat mendengar Anda seperti yang kami janjikan. Kami akan membangun tim yang transparan, mudah diakses, dan fokus untuk memecahkan tantangan terbesar Dearborn,” katanya.

Hammoud peraih gelar master dalam bidang kesehatan masyarakat dari University of Michigan-Ann Arbor, sebelumnya pernah terpilih sebagai anggota parlemen termuda tahun 2014, saat ia berusia 24 tahun, untuk Pemilih Konservasi Liga Michigan.

Meskipun orang tuanya hanyalah seorang sopir truk, saat Hammoud kecil, yang harus menghidupinya dan keempat saudaranya. Namun karena kegigihan keluarganya dan dorongan orang tuanya, ia kini memimpin kota Dearborn.

Dearborn kota yang akan ia pimpin, merupakan tempat kelahiran Ford Motor Co. dan telah menarik perhatian internasional sebagai kampung halaman Henry Ford, Greenfield Village, serta populasi Muslimnya yang cukup besar. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)