Abu Vulkanik Sinabung Tutupi Lahan Pertanian Di Aceh Tenggara

Aceh Tenggara, MINA – Sejumlah lahan pertanian di Kabupaten Aceh Tenggara tertutup abu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung.

Sejumlah petani di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh, mulai membersihkan tanaman yang tertutup abu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara tersebut.

Ketebalan abu vulkanik yang menempel di sejumlah tanaman milik petani tersebut berkisar antara dua hingga tiga centimeter.

Abu yang menempel pada tanaman pertanian ini tentunya akan berpengaruh terhadap mutu serta kualitas yang berunjung timbulnya dampak negatif ketika di panen.

Oleh karenanya sejumlah petani Aceh Tenggara terpaksa melakukan penyemprotan tanaman secara merata mulai dari pucuknya untuk menghilangkan abu yang menempel.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Tenggara menyatakan, terdapat tiga kecamatan terdampak paling banyak tertutupi material abu vulkanik Gunung Sinabung yakni Babul Makmur, Lawe Sigala dan Babul Rahmah.

Dari data BPBD Sumatera Utara, Gunung Sinabung telah menyemburkan material vulkanik setinggi 5.000 meter pada Senin (19/2), pukul 08.54 WIB. Ini erupsi tertinggi selama tahun 2018, dan seiring dengan gempa vulkanik selama 607 detik.

Abu vulkanik meluncur mengikuti arah angin hingga 4,9 kilometer ke sektor Selatan-Tenggara, dan 3,5 kilometer ke sektor Tenggara Timur. (L/B04/P3/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)