Aceh Masuk Lima Besar, Lulus Terbanyak dalam SNMPTN 2019

Banda , MINA – Provinsi Aceh menduduki urutan nomor lima, dengan jumlah kelulusan paling tinggi dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri tahun 2019. Berada dibawah Provinsi Jawa Tengah, Sumatra Utara, Jawa Barat, dan Jawa Timur yang menduduki urutan pertama, Senin (25/3).

Dilansir di website , Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyatakan persentase kelulusan SNMPTN 2019 berada di angka 19, 29 persen. Angka tersebut didapat setelah dari 478.070 peserta yang mendaftar SNMPTN 2019, hanya sebanyak 92.331 yang diterima.

Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

SNMPTN tahun ini juga diikuti oleh 14.056 SMA/SMK/MA Se-Indonesia.

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengaku bangga atas prestasi tersebut. Aceh berhasil menduduki nomor lima dari 34 provinsi di Indonesia.

“Aceh menempati posisi lima besar pelajar yang diterima di perguruan tinggi melalui jalur seleksi SNMPTN 2019 dari 34 provinsi, dan di UTS pelajar Aceh tahun ini banyak yang lulus seleksi. Hampir di semua PTN terbaik ada pelajar Aceh yang diterima,” kata Plt GUbernur Aceh, Nova Iriansyah. (L/AP/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.