ACT dan Bukalapak Layani Pesan Hewan Kurban Berkualitas dan Terjangkau

Jakarta, 28 Dzulqa’da 1437/31 Agustus 2016 (MINA) – Menjelang Hari Raya , organisasi kemanusiaan global yang berbasis di Jakarta, Aksi Cepat Tanggap (), kembali bekerja sama dengan pebisnis daring menggelar program pemasaran Global .

Pertautan kerjasama di tahun kedua ini dikukuhkan dalam acara bincang-bincang dengan media bertajuk “Qurban Mudah dan Tepat Sasaran di Bukalapak”,  di Kemang, Jakarta Selatan.

Hadir sebagai pembicara adalah Senior Vice President ACT, Imam Akbari, dan Brand Manager Bukalapak, Oci Ambrosia. Selain itu, hadir pula Ustad Bobby Herwibowo selaku Ketua Dewan Penasehat ACT yang mengupas hukum berkurban daring (online) secara syariat.

Dalam kaitan kerjasama dengan Bukalapak, Imam Akbari menjelaskan bahwa ACT melihat Bukalapak sebagai online marketplace dengan tingkat pertumbuhan yang baik dan merupakan mitra strategis untuk mewuwujudkan visi Global Qurban.

“Dengan kerjasama ini, kami juga ingin jangkauan penerima manfaat daging di Indonesia semakin tersebar luas. Semakin banyak pekurban maka semakin jauh jangkauan sebaran distribusinya. Insya Allah. Tidak hanya nasional namun juga para penerima manfaat di negeri yang kondisinya tak kalah menderita seperti pada wilayah konflik di Timur Tengah dan Afrika,” kata Imam.

Bekerjasama dengan mitra yang kuat dalam memanfaatkan teknologi digital online seperti Bukalapak, tambah Imam, akan memudahkan masyarakat untuk membeli hewan kurban secara daring dengan harga terjangkau tanpa mengabaikan kualitas hewan kurban serta pendistribusian daging kurban yang tepat sasaran.

Di tahun pertama kerjasama berjalan, Global Qurban online berhasil meningkatkan hasil penjualan hewan kurban sebesar 100%. “Dari sana kami lihat antusias umat Muslim untuk membeli hewan kurban secara online sangat tinggi. Kemitraan yang kembali terjalin di tahun ini semata demi mempermudah masyarakat untuk berkurban. Global Qurban juga tak hanya menyajikan kemudahan, tapi program ini juga memberdayakan peternak-peternak lokal di daerah yang  merupakan pelaku UKM. Inilah kesamaan visi yang kami rasakan. Selama ini Bukalapak sangat berkomitmen pada pengembangan UKM,” ujar Oci Ambriosa.

Untuk berkurban, calon pekurban cukup berkunjung ke situs Bukalapak. Di sana, mereka langsung bisa memilih paket kurban yang ditawarkan. Tak hanya itu, untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas dari transaksi tersebut, pekurban di Bukalapak mendapatkan sertifikat pembelian hewan kurban.

Laporan lengkap berupa foto hewan kurban sebelum dan sesudah dipotong, serta laporan pendistribusian hewan kurban yang dibelinya. “Kami juga menjamin semua hewan kurban yang dijual di Bukalapak berkualitas, sehat, dan bebas dari kecacatan,” kata dia.

Berkurban dengan cara daring adalah sebuah terobosan baru. Terkait dengan cara ini, Ustad Bobby Herwibowo menjelaskan bahwa berkurban secara daring diperbolehkan.

“Soal teknologinya. selama kita menggunakan teknologi untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, hal tersebut tentu diperbolehkan,” ungkapnya.

Program Global Qurban, tambah Ustadz Bobby, merupakan ijtihad fikih modern yang melipatgandakan manfaat.

“Termasuk ijtihad karena manajemen pengelolaannya memunculkan terobosan fikih tanpa melanggar kaidah yang ada. Beribadah kurban secara langsung atau pun online memiliki kebaikan tersendiri. Para pekurban hanya tinggal melihat maslahatnya. Cara ini lebih untuk memudahkan masyarakat sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang turut berkurban, dengan begitu akan makin banya pula mereka yang menerima manfaatnya,” papar Ustadz Bobby.

Ini tentu sejalan dengan perintah Allah dalam QS Al-Haj: 28: ‘Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir’.

Kian banyak umat muslim berkurban, makin banyak peternak lokal terbantu perekonomiannya dan bertambah pula kebahagiaan yang dapat dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan. Mari berkurban! (P022/P2)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.