ACT Se-Sumatera Akan Kirim Kapal Kemanusiaan ke Sulbar

Bandar Lampung, MINA – Aksi Tanggap Darurat () se-Sumatera akan mengirim ke Sulawesi Barat.

“Dalam 14 hari ke depan ACT direncanakan mengirim bantuan  melalui Kapal Kemanusian Sulawesi Barat yang akan mengangkut 1.000 ton beras, pakaian baru, sembako, makanan, selimut, kasur, air minum dan lainya,” kata Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni pada Apel Siaga Bencana Relawan Lintas Komunitas di Bandar Lampung, Selasa (19/1).

Saat ini ACT Lampung tengah mengumpulkan barang kebutuhan selama 14 hari ke depan dari berbagai donatur dan sejumlah komunitas di Lampung. Diharapkan akhir Januari 2021 ini, Kapal Kemanusiaan Sulawesi Barat tersebut bisa berlayar.

“Nantinya ada tiga lokasi yang akan menjadi titik tolak yakni di Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya, dan Pelabuhan di Sumatera. Masyarakat Lampung dapat mengirim bantuan barang ke Kantor ACT Lampung Jl. Jendral Sudirman No. 73E Pahoman Bandar Lampung. Tentunya barang yang kami terima dalam kondisi baru, bukan barang layak pakai,” ujarnya.

Apel Siaga Bencana diadakan guna merespon kejadian bencana yang bertubi-tubi di awal tahun 2021 seperti gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan, Manado, dan beberapa wilayah di Pulau Jawa, erupsi Gunung Semeru, serta ancaman virus corona yang masih merebak. Situasi ini memberikan tekanan bagi masyarakat Indonesia yang terdampak bencana. (L/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).