ACTA Sebar Relawan Pantau TPS di Jakarta Hindari Kecurangan

Jakarta, 18 Jumadil Awwal 1438/15 Februari 2017 (MINA) – Menghadapi Pilkada 2017 yang diterpa berbagai macam isu, ACTA sebagai lembaga advokat Indonesia menyatakan telah menyebarkan relawan ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Rabu 15/2 ini di Jakarta untuk memantau agar tidak terjadi kecurangan.

Wakil Ketua ACTA Ali Lubis dalam keterangannya yang diterima MINA, Rabu (15/2), mengatakan, relawan yang di persiapkan tersebut telah disebar ke semua wilayah Jakarta sejak tadi malam dengan tujuan untuk memantau jalannya proses pencoblosan di tingkat TPS hingga proses penghitungan suara sampe ke tingkat Kecamatan.

“Adapun para relawan yang disebar tersebut merupakan orang yang sudah terlatih dan berpengalaman dibidang ini. Oleh karena itu kami menghimbau kepada pihak penyelenggara Pilkada yaitu Lembaga KPUD DKI JAKARTA harus bersikap netral dan profesional dalam menjalankan tugas dan Kewajibannya dalam Pilkada ini,” katanya.

Sebab, lanjutnya, apabila ACTA menemukan hal-hal yang ganjil dan aneh terlebih adanya keberpihakan Petugas Penyelenggara terhadap salah satu pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur, maka ACTA akan segera melaporkannya kepada pihak terkait dan meminta agar segera diproses secara hukum yang berlaku.

“Oleh karena itu kami juga meminta kepada masyarakat Jakarta dan seluruh element agar mempunyai sikap untuk mensukseskan Pilkada DKI Jakarta besok secara Jujur dan Adil dan diharapkan agar menggunakan Hak Suaranya secara baik dan jangan GOLPUT, sebab nasib Ibu Kota Jakarta kedepan ada di tangan kalian semua selaku warga jakarta,” ujarnya.

Ali mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan hati hati apabila menemukan orang-orang dari team relawan atau team sukses yang berasal dari salah satu Paslon yang mencoba untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan Perbuatan Tindak Pidana Pemilu seperti Money Politics d n lainnya, agar segera menangkap dan melaporkannya ke pihak yang berwenang.

“Kalau bisa ikut mengawal penghitungan suara juga sampe dengan selesai agar suara yang kalian berikan terhadap pasangan calon yang kalian dukung tetap utuh dan tidak berkurang satu suara pun,” imbaunya.

Ia menegaskan, pihaknya mendukung penuh KPUD DKI Jakarta sebagai penyelenggara Pilkada agar Proses jalannya Pilkada Jakarta tahun 2017 ini dapat berjalan dengan baik, lancar, jujur dan adil.

Seperti diketahui, hari ini Rabu (15/2) Pilkada 2017 dilakukan serentak di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk DKI Jakarta. (L/R06)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)