ADA 80 PELAJAR INDONESIA IKUTI KOMPETISI SAINS DI MALAYSIA

Kemendikbud
Kemendikbud

Kuala Lumpur, 20 Muharram 1437/2 November 2015 (MINA) –  Sebanyak 80 pelajar tingkat SD, SMP dan SMA mengikuti dan seni yang diselenggarakan di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Malaysia, pada 30 Oktober hingga 1 November 2015.

Kompetisi ini dibuka secara resmi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia, Herman Prayitno di Kuala Lumpur, laman resmi Kemendikbud yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Para peserta berasal dari Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), Rintisan Sekolah Indonesia Johor Bahru (RSIJB, Johor Bahru) dan beberapa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)/Community Learning Center (CLC) Wilayah Sabah dan Sarawak.

Program yang pertama kali diadakan ini sangat penting untuk menilai sejauh mana kemampuan dan kualitas pelajar Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di

“Khususnya SIKL dan SIKK, baik dari segi akademik maupun seni. Begitu juga kemampuan anak-anak Indonesia yang belajar melalui PKBM/CLC di Sabah dan Sarawak, yang mutu pendidikannya dalam media terkadang dinilai rendah,” kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Ari Purbayanto.

Ari menambahkan, tujuan kegiatan ini, yaitu menyiapkan pelajar Indonesia untuk berani berkompetisi di tingkat nasional dan internasional, menggali kemampuan, meningkatkan daya analisis dan kreativitas pelajar dalam bidang sains dan seni, serta mengembangkan sikap kompetitif dalam diri pelajar yang berwawasan global.

Ada beberapa jenis lomba yang dilombakan dalam kompetisi ini. Untuk tingkat SD adalah olimpiade sains, olimpiade matematika, pidato bahasa Indonesia dan menyanyi solo.

Untuk SMP adalah olimpiade sains, olimpiade matematika, bercerita dalam bahasa Inggris (story telling), menyanyi solo dan presentasi hasil eksperimen. Sementara untuk SMA adalah olimpiade fisika, olimpiade ekonomi, olimpiade biologi, olimpiade matematika, olimpiade geografi dan karya tulis ilmiah.

Kegiatan ini merupakan puncak dari keseluruhan lomba. Proses seleksinya sudah dilakukan di masing-masing sekolah dan PKBM/CLC sejak Agustus-September 2015. Dewan juri berasal dari Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta, serta juri dari mahasiswa pascasarjana dan dosen Indonesia yang sedang berkarya di Malaysia.

“Jika hasilnya memuaskan, mungkin tahun depan kita adakan kompetisi serupa untuk tingkat ASEAN,” ujarnya. (T/P006/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0