Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada Empat Pintu Kedatangan Jamaah Haji Indonesia di Bandara Madinah

Rana Setiawan - Ahad, 12 Mei 2024 - 04:40 WIB

Ahad, 12 Mei 2024 - 04:40 WIB

20 Views

Madinah, MINA – Kepala Daker Bandara Abdillah di Madinah, Sabtu (11/5), mengatakan ada empat gate (pintu) kedatangan yang akan digunakan jamaah haji Indonesia.

Petugas Daker Bandara saat ini sedang melakukan pemetaan jelang kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah, Arab Saudi.

Para petugas bertemu dengan pihak Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dan Masyarik untuk mempersiapkan penyambutan jamaah.

Kunjungan ini dipimpin Kepala Daker Bandara Abdillah. Ikut mendampingi, Sekretaris Daker Asep Rahadian, serta Petugas Haji Daker Bandara dan Koordinator Media Centre Haji (MCH) Daker Bandara Mawardi.

Baca Juga: Kafilah MTQ Jateng Terima Tali Asih dari Pj Gubernur

“Kunjungan ini dalam rangka memastikan kesiapan fasilitas, sarana dan prasarana yang akan digunakan oleh Daerah Kerja Bandara. Tim ini juga mengecek serta memastikan jalur atau rute kedatangan jamaah haji dan fasilitas layanan bagi jamaah haji, khususnya jamaah lansia dan disabilitas,” kata Abdillah.

Keempat gate (pintu) kedatangan tersebut, yakni pertama, Gate Fast Track. Di pintu ini, jamaah tidak lagi melalui proses imigrasi karena sudah dilakukan di embarkasi tanah air. Sehingga proses kedatangan jauh lebih singkat, diperkirakan hanya berkisar 30 menit.

Layanan Fast Track pada tahun ini diberlakukan bagi jamaah dari tiga embarkasi, yaitu Embarkasi Surabaya (SUB), Solo (SOC), dan Jakarta (JKG dan JKS).

Kedua, Gate Internasional. Jamaah haji yang melalui jalur ini akan melewati pemeriksaan imigrasi, barang bawaan dari kabin, lalu masuk area terminal kedatangan, dan keluar langsung menuju ke terminal bus.

Baca Juga: Rektor UIN STS Jambi Asad Isma Wafat

Ketiga, Gate Internasional khusus haji. Tahapan yang dilalui jamaah adalah pemeriksaan imigrasi, pemeriksaan barang bawaan dari kabin, lalu jamaah haji akan keluar di pintu terminal kedatangan menuju ke paviliun bandara.

Di tempat tersebut, jamaah haji bisa istirahat sejenak sebelum keluar menuju terminal bus yang berada tepat di pintu keluar Pavilium Bandara AMAA Madinah.

Keempat, Gate Zero. Lokasinya di lantai ground/dasar. Jamaah haji keluar dari pesawat tetap melalui bagian imigrasi, pemeriksaan barang kabin, dan langsung keluar ke terminal bus area ground.

Untuk Posko PPIH Daker Bandara AMAA Madinah, berada di sekitar Gate Internasional khusus haji. Ini sekaligus menjadi basecamp petugas haji Indonesia selama proses kedatangan jamaah gelombang pertama dan kepulangan jamaah haji gelombang kedua.

Baca Juga: Muhammadiyah Gelar Pelatihan Relawan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

“Untuk Kedatangan Kloter Pertama yang berasal dari Embarkasi JKG 01 rencananya akan mendarat pada Pukul 07.00 Waktu Arab Saudi (WAS) dengan jumlah 393 Jamaah haji akan melalui pintu Fast Track,” jelas Kepala Daker Bandara

Abdillah juga memastikan seluruh petugas Daker Bandara siap menyambut dan memberikan layanan terbaik kepada jamaah Indonesia. Dia berharap, penyelenggaraan Ibadah haji tahun ini bisa berlangsung lebih baik dan lebih lancar. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: BAZNAS Targetkan Pengumpulan ZIS Nasional 2025 Rp50 Triliun

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Indonesia
Indonesia
Haji 1445 H
Haji 1445 H
Haji 1445 H