Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada Sensasi Eropa di Tepi Sungai Aceh Tengah

Arif Ramdan Editor : Widi Kusnadi - Rabu, 7 Agustus 2024 - 08:30 WIB

Rabu, 7 Agustus 2024 - 08:30 WIB

17 Views

Danau Lut Tawar di Aceh Tengah

PENGINAPAN tepi sungai di Aceh Tengah menjadi lokasi wisata terfavorit baru. Bak di Eropa, traveler akan disuguhkan panorama alam yang indah dengan homestay yang nyaman.

Kabupaten ini menyuguhkan keindahan pemandangan alam masih natural yang dapat membuat Anda terpukau. Aceh Tengah sendiri memiliki ibukota Takengon yang memiliki banyak tempat pariwisata berpotensial yang bisa berkembang ke depannya.

Lokasi yang paling terkenal adalah Danau Laut Tawar yang berlokasi di Dataran Tinggi Gayo. Danau Laut tawar memiliki luas sekitar 5.472 Ha dengan panjang 17 km serta lebar 3.219 km.

Danau ini sangatlah luas dan mampu mendatangakan banyak manfaat bagi Suku Gayo sebagai sumber dari kehidupan mereka.

Baca Juga: [BBM] Pelantikan Presiden RI, Krisis Gaza Utara hingga Deklarasi BRICS

Danau Air Laut Tawar juga sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

Danau ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang menawan dimana ada dua buah bukit hijau di sekitarnya.

Danau Air Laut Tawar menyimpan kekayaan flora dan fauna dari Aceh. Salah satu jenis ikan yang hanya ada di danau ini adalah ikan depik.

Selain danau, berwisata ke Aceh Tengah, kita juga bisa menemukan penginapan tepi sungai dengan panorama indah.

Baca Juga: Prediksi Cuaca Jakarta Jumat Ini Berawan

Tidak kalah dengan di Eropa

Uning Riverside namanya, lokasi wisata yang cocok buat keluarga. Lokasinya yang strategis dekat dengan pusat Takengon, tepatnya di Uning, Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah

Danau Laut Tawar, yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, adalah salah satu destinasi wisata alam yang memukau di Aceh. Danau ini sering disebut sebagai “Lut Tawar” oleh masyarakat setempat12.

Danau Laut Tawar menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan airnya yang jernih dan dikelilingi oleh pegunungan hijau. Suasana di sekitar danau sangat sejuk dan nyaman, menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati alam1. Selain itu, danau ini juga memiliki goa unik yang menambah daya tariknya1.

Baca Juga: BNPB: 321 KK Terdampak Banjir di Mamuju, Sulawesi Barat

Danau ini kaya akan keanekaragaman hayati, dengan berbagai spesies ikan, plankton, dan serangga yang hidup di dalamnya. Terdapat sekitar 37 jenis ikan dan 49 jenis serangga yang ditemukan di kawasan ini2. Salah satu ikan khas yang hidup di danau ini adalah ikan depik (Rasbora tawarensis), yang terancam punah2.

Selain sebagai objek wisata, Danau Laut Tawar juga memiliki peran penting dalam kehidupan ekonomi dan budaya masyarakat setempat. Banyak penduduk sekitar yang bergantung pada danau ini sebagai sumber mata pencaharian, baik sebagai nelayan maupun petani1. Danau ini juga menjadi simbol kebanggaan bagi masyarakat Aceh Tengah.

Lokasi dan Akses

Danau Laut Tawar terletak di Takengon, ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah diakses dari berbagai arah, baik dari Banda Aceh maupun Medan3. Dengan luas sekitar 5.472 hektar dan panjang sekitar 17 km, danau ini menawarkan pemandangan yang luas dan indah. []

Baca Juga: BKSAP Agendakan Aksi “Parlemen Indonesia untuk Palestina” pada 1 Desember

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia