Ade Jalaluddin: Spirit Ramadhan untuk meningkatkan kedisiplinan iman

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Waliyulimaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Sumatera Selatan, Ade Jalaluddin mengatakan merupakan induknya bulan, karena di dalamnya penuh keberkahan dan rahmat dari Allah Subhanahu wata’ala.

Hal itu ia sampaikan saat mengisi di Masjid An-Nubuwwah pada, Jum’at (10/3) dalam rangkaian acara Tabligh Akbar yang diadakan oleh Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung.

“Maka mari kita jadikan Ramadhan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah dengan memperbaiki niat dalam beribadah,” tambahnya.

Menurut Ade, sebagaimana firman Allah Subhanahu wata’ala, berpuasa di bulan Ramadhan dapat menjadi perisai diri dari siksa api neraka dan siapa yang menjalaninya dengan niat yang benar maka Allah akan ampuni dosa-dosanya.

“Menjalankan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan dengan niat yang benar dan ikhlas demi mengharapkan Ridho Allah, dapat menjadi perisai untuk diri kita dari api neraka dan dosa-dosa kita akan diampuni-Nya,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam adalah sosok yang dermawan, dan ketika bulan Ramadhan Rasulullah menjadi sosok yang lebih dermawan lagi.

“Kita tahu bahwa Rasulullah adalah sosok yang dermawan, saat di bulan Ramadhan ia lebih dermawan lagi, kedermawanan nya melebih angin yang berhembus, tidak pernah menunda-nunda suatu kebaikan,” katanya.

Allah mengingatkan kita untuk tidak bersikap bakhil, tidak peduli dengan sesama, menyembunyikan harta, dan tidak menginfakkan Allah akan menimpakan azab yang pedih.

“Harta yang kita sembunyikan karena tidak ingin mengeluarkan infaknya akan menjadi bahan bakar api neraka untuk kita di akhirat kelak, tapi sebaliknya jika kita menginfakkan sebagian harta kita maka Allah akan berikan ganjaran yang berlipat ganda dan pahala yang besar,” jelasnya.

Bulan Ramadhan mengajarkan kita untuk saling peduli antar sesama umat muslim, saling mengingatkan untuk kebaikan, dan Allah akan limpahkan rahmatnya kepada para hamba-Nya.

“Ketika kita sudah mendapatkan keberkahan dari Allah Subhanahu wata’ala, maka semua urusan kita dibumi akan dipermudah, dengan syarat kita harus bertaqwa,” katanya.

“Menjelang Ramadhan kali ini, mari kita tingkatkan persatuan dan kualitas keimanan serta ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu wata’ala,” tegasnya. (L/iwn/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)