Afrika Selatan Ekspos Aksi-Aksi Apartheid Israel

Pasukan Israel tidak izinkan warga Palestina untuk shalat di Masjid Al-Aqsha (Foto : MEMO)
Pasukan Israel tidak izinkan warga Palestina untuk shalat di Masjid Al-Aqsha (Foto : MEMO)

Gaza, 2 Jumadil Akhir 1437/11 Maret 2016 (MINA) – Pameran foto, konperensi dan pertunjukan seni yang memaparkan sikap-sikap aparteid Israel, sewenang-wenang terhadap agama dan ras lain, diadakan  di Gaza,  dalam rangkaian acara yang diadakan Afrika Selatan melalui tokoh-tokoh Islam dan Kristen serta partai ANC yang berkuasa di negara itu.

Afrika Selatan sebelumnya bertahun-tahun dikuasai oleh pemerintah apartheid dari rezim kulit putih, sampai akhirnya ditumbangkan oleh kekuatan-kekuatan nasional pimpinan Nelson Mandela.

Lebih dari 200 peristiwa dipaparkan dalam pameran foto, koran Felesteen melaporkan.  Middle East Monitor (MEMO) melaporkan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat.

Sebuah pernyataan Otoritas Palestina mengungkapkan, konferensi yang diadakan didedikasikan untuk mendukung kebebasan bagi para tahanan Palestina dan mendukung perjuangan palestina.

Delegasi Palestina yang dipimpin oleh Ketua Klub Tahanan Palestina Qaddoura Faris juga hadir.

Kementerian Luar Negeri Palestina di Gaza dalam pesan kepada acara ini, mengirim mengirim pesan penting ke dunia internasional menekankan pentingnya mengungkap kejahatan Israel dan pelanggaran yang dilakukannya terhadap warga Palestina.

Juga meminta Kelompok Hak Asasi Manusia dan organisasi lainnya,  untuk aktif menyoroti pelanggaran-pelanggaran hak asasi manusia dan pelanggaran hukum internasional yang dilakukan Israel.

Juga ditekankan pentingnya memboikot produk-produk Israel sebagai senjata yang efektif untuk menghadapi  pelanggaran Israel dan kebijakan Yahudisasi-nya.

Mengaca pada pengalaman Afrika Selatan membebaskan diri dari rezim apartheid puluhan tahun yang lalu, salah satu senjata ampuhnya adalah boikot ekonomi.

(T/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.