Afrika Selatan Mengutuk Agresi Israel di Gaza

Gaza, MINA – Afrika Selatan pada Ahad (18/11) mengutuk agresi Israel terbaru di Jalur Gaza dan menyerukan untuk mengangkat blokade 13-tahun di wilayah itu.

Duta besar Afrika Selatan untuk wilayah Palestina Ashraf Sulaiman menegaskan dukungan penuh negaranya terhadap hak-hak rakyat Palestina, dan mengecam serangan Israel baru-baru ini di Jalur Gaza yang terkepung, demikian Palinfo melaporkan.

Sulaiman memuji upaya yang dilakukan pada tingkat regional dan internasional untuk mengangkat pengepungan Gaza, mengakhiri penderitaan rakyat Palestina di Gaza, dan mencapai rekonsiliasi. Pernyataan-pernyataan ini disuarakan selama pertemuan antara Sulaiman dan kepala Biro Politik Hamas Ismail Haneyya di Gaza.

Berdasarkan pernyataan yang dirilis oleh Hamas, Haneyya dan Sulaiman membahas perkembangan terbaru mengenai Palestina secara umum dan Jalur Gaza pada khususnya.

Untuk bagiannya, Haneyya memuji peran besar Afrika Selatan dalam mendukung perjuangan Palestina selama beberapa tahun terakhir.

Haneyya memperingatkan perkembangan terakhir di wilayah Palestina yang bertujuan melikuidasi Palestina, menjatuhkan hak untuk kembali, meningkatkan pembangunan pemukiman, dan memisahkan Tepi Barat dari Jalur Gaza.

Pemimpin Hamas mengecam keputusan AS untuk menambahkan wakil pemimpin gerakan Saleh Al-arouri dalam daftar teroris dan menawarkan hadiah bagi informasi yang mengarah untuk menangkapnya.

Dia juga meminta Afrika Selatan untuk menekan AS agar mundur dari keputusannya yang melayani kepentingan Israel. (T/SR/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)