Ahmad Zubaidi: Orang Tua Sangat Berperan Berikan Pendidikan

ahmad zubaidi

Cileungsi, Kabupaten Bogor, MINA – Masa pendemi Covid-19 aktifitas belajar-mengajar dilakukan rumah, Amir Tarbiyah Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Ahmad Zubaidi Ardani mengatakan orang tua sangat berperan dalam pendidikan putra-putrinya.

“Akibat aktifitas belajar dirumahkan, guru dalam memberikan pelajaran tidak bisa maksimal maka peran orang tua sangat berarti,” kata Zubaidi kepada MINA di Pondok Pesantren Al-Fatah, Cileungsi, Bogor, Kamis (3/9).

Menurutnya, efektifitas tersebut jelas sangat tidak maksimal apalagi tingkat Sekolah Dasar yang sangat memerlukan interaksi sosial, hikmah dibalik pendemi Covid-19 orang tua harus berperan.

Jadi, kata Zubaidi ada hikmahnya mengembalikan tanggung jawab orang tua dalam memberikan pendidikan untuk anak-anaknya. Sejak dari dahulu sebenarnya tanggung jawab pendidikan ada di Ortu.

“Hanya saja ini yang membuat orang tua lupa dengan kewajiban memberikan perannya maka mereka keenakan menyandarkan tanggung jawab pendidikan kepada pendidik atau pihak guru,” imbuh Zubaidi.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan aktifitas belajar di rumah saat pendemi maka orang tua yang cerdas, anak akan tetap melakukan proses belajar dengan baik. Kalau di Pesantren Al-Fatah khusus di Madrasah Ibtidayah tetap proses belajar diahlikan ke rumah-rumah gurunya.

“Belajar dirumahkan atau dengan daring tidak mempengaruhi perkembangan interaksi anak  kecuali situasi perang, maka akan mempengaruhi pesikis anak. Seperti situasi perang di Gaza Palestina, apakah aktifitas kegiatan pendidikan berhenti? Jawabnya tidak,” ujarnya.

Ia mengatakan lewat situasi Covid-19 ini orang tua disadarkan akan perannya dalam tanggung jawab pendidikan.

“Jangan hanya keenakan masalah pendidikan diserahkan kepihak sekolah, maka orang tua disadarkan akan perannya,” tegasnya. (L/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)