Aksi Damai Solidaritas Palestina di London Tandai Peringatan 75 Tahun Tragedi Nakba

Ribuan aktivis berkumpul dan melakukan long march dalam aksi damai untuk 'Bebaskan Palestina - Akhiri Apartheid' di London, Inggris Raya pada Sabtu 13 Mei 2023, yang diselenggarakan oleh, Kampanye Solidaritas Palestina Inggris untuk memperingati 75 tahun Nakba. Foto; Dinendra Haria/Anadolu Agency)

, MINA – Ribuan orang berkumpul di London pada Sabtu (13/5), untuk memperingati 75 tahun tragedi atau Malapetaka, yang ditandai oleh warga setiap 15 Mei untuk mengingat pengusiran ratusan ribu warga Palestina dari rumah dan tanah mereka pada tahun 1948 setelah berdirinya Israel.

Aksi damai yang bertajuk “Nakba 75 – Akhiri Apartheid, Akhiri Pendudukan”, bertujuan untuk menunjukkan solidaritas pada rakyat Palestina dan menuntut tindakan mengakhiri dukungan terhadap sistem penindasan Israel.

Ribuan orang berkumpul di depan markas BBC dan berbaris menuju Downing Street Nomor 10, tempat Kantor Perdana Menteri Inggris berada, lapor Anadolu Agency.

Acara tersebut diselenggarakan oleh British-Palestina Forum, Friends of Al-Aqsa, Palestine Solidarity Campaign, dan Muslim Association of Britain.

“Kami menandai Nakba bukan hanya sebagai peristiwa sejarah tetapi sebagai proses penindasan yang terus berlangsung selama 75 tahun terakhir melalui penjajahan tanah yang sedang berlangsung, penegakan apartheid dan pendudukan militer,” kata pernyataan Kampanye Solidaritas Palestina.

“Rakyat Palestina membutuhkan solidaritas kita sekarang lebih dari sebelumnya,” tambahnya.

Aksi Palestina juga menargetkan kantor perusahaan logistik Kuehne dan Nagel, yang berlokasi di Leicester, karena hubungannya dengan produsen senjata Israel Elbit Systems.

Aktivis menutupi tempat itu dengan cat semprot dan menghancurkan peralatan kantor termasuk telepon dan komputer.

“Kuehne dan Nagel seharusnya tahu bahwa dengan bekerja sama dengan Elbit, perusahaan militer dan senjata terbesar Israel, mereka mendukung pembunuhan dan pembersihan etnis warga Palestina: melakukan pengiriman atau mengawasi logistik merupakan kontribusi langsung ke rantai pasokan senjata Israel,” ujar Aksi Palestina kata dalam sebuah pernyataannya.

“Semua perusahaan harus menghentikan pencatutan mereka dari pertumpahan darah Palestina, atau Aksi Palestina akan menghentikannya untuk mereka,” tambahnya.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.