AKSI DARURAT DUNIA DIBUTUHKAN GAZA

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague (Gambar: PooL/Getty Images Europe)
Menteri Luar Negeri Inggris William Hague (Gambar: PooL/Getty Images Europe)

London, 15 Ramadhan 1435/13 Juli 2014 (MINA) – Menteri Luar Negeri Inggris William Hague mengatakan ia akan membahas dorongan internasional untuk di dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) dan rekan-rekan Jerman serta Perancis selama pembicaraan di Wina, Ahad (13/7).

Hague mengatakan dalam sebuah pernyataan Sabtu, diskusi untuk mengakhiri permusuhan antara Israel dan Gaza akan berlangsung di sela-sela pembicaraan mengenai program nuklir Iran di ibukota Austria, Independent Online yang dikutip MINA.

“Jelas kita perlu mendesak, aksi internasional bersama untuk mengamankan gencatan senjata, seperti yang terjadi pada tahun 2012 selama putaran terakhir konflik antara Israel dan militan di Jalur Gaza ,” kata Hague.

Baca Juga:  Muhammad Ibrahim: Serangan Israel ke Rafah Potensi Timbulkan Perang dengan Mesir

“Saya akan membicarakan hal ini dengan John Kerry, Laurent Fabius dan Frank-Walter Steinmeier besok (Ahad) di Wina,” tegasnya.

Ia mengatakan, telah berbicara melalui telepon Sabtu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas dan Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman setelah 127 orang meninggal dalam lima hari serangan udara Israel.

“Saya menekankan kebutuhan untuk de-eskalasi segera dan pemulihan gencatan senjata November 2012, keprihatinan kami yang mendalam tentang jumlah korban sipil dan kebutuhan semua pihak untuk menghindari cedera sipil lebih lanjut dan hilangnya nyawa tak bersalah,” kata Hague.

Jumlah warga Palestina yang syahid oleh serangan udara Israel di Jalur Gaza hingga Ahad pagi telah meningkat mencapai 163 syahid, sementara korban luka mencapai 1.070 orang.

Baca Juga:  Arab Saudi, Maroko, dan Mesir Serukan Gencatan Senjata di Tengah Agresi Israel

“Setidaknya 163 orang telah dan sekitar 1.070 terluka sejak dimulainya operasi militer Israel,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Ashraf al-Qodra melalui akun facebook-nya yang dikutip media Palestina Al-Resalah. (T/P09/R2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0