Aksi Protes Perahu Gaza Coba Lawan Blokade

Gaza, MINA – Massa Palestina berkumpul di perbatasan barat laut Jalur Gaza yang diblokade untuk mengambil bagian dalam protes perahu, berangkat dari pelabuhan Gaza untuk melawan blokade laut Israel, Senin (24/9).

Seorang wartawan Kantor Berita Ma’an mengatakan, Angkatan Laut Israel menghalangi pemrotes pergi jauh dari pantai dengan menembakkan peluru tajam dan bom gas air mata ke arah demonstran.

Komite Nasional untuk Memutus Blokade yang mengorganisir protes, menyerukan “dunia bebas” untuk menyelamatkan Gaza, demikian IMEMC News melaporkan.

Sebagai bagian dari blokade Israel terhadap daerah kantong pantai itu sejak 2007, tentara Israel dengan alasan masalah keamanan mengharuskan nelayan Palestina di Jalur Gaza bekerja dalam “zona penangkapan ikan yang ditunjuk” terbatas.

Batas tepatnya diputuskan oleh otoritas pendudukan Israel dan secara historis berfluktuasi.

Banyak upaya telah dilakukan selama bertahun-tahun untuk menarik perhatian publik dunia dan mematahkan pengepungan yang sedang berlangsung di Jalur Gaza, apakah melalui kapal yang mencoba untuk berlayar ke Gaza atau kapal yang berusaha berlayar dari Gaza. (T/RI-1/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.