Aksi Solidaritas Palestina di Hampir 100 Kota di Dunia

Aksi solidaritas untuk Palestina di Brussels.

New York, MINA – Puluhan ribu orang dari hampir 100 kota di dunia telah berpartisipasi dalam aksi solidaritas dengan warga Palestina pekan ini.

Puluhan ribu orang telah turun ke jalan di kota-kota  dari New York, London hingga Cape Town dan Auckland, mereka menuntut diakhirinya serangan udara Israel yang mematikan di Jalur , demikian AlJazeera melaporkan, Senin (17/5).

Pemboman Israel di Gaza terjadi setelah aksi protes yang memuncak atas pengusiran paksa keluarga Palestina dari Sheikh Jarrah, di lingkungan Yerusalem Timur.

Situasi meningkat ketika polisi Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem (situs tersuci ketiga dalam Islam) dan melukai ratusan jamaah Palestina selama beberapa hari serangan. Hal itu memicu protes di seluruh wilayah Palestina.

Faksi Palestina, Hamas, yang memerintah Gaza, meluncurkan roket ke Israel, setelah melewati tenggat waktu agar pasukan Israel keluar dari kompleks Masjidil Aqsa dan berhenti menyerang jamaah.

Peta dan daftar di bawah ini menunjukkan lokasi di mana aksi yang cukup besar telah terjadi. Lebih banyak aksi direncanakan pada pekan ini di beberapa kota .

Kota-kota tempat aksi solidaritas terjadi:

Al Aqabah; Aljir; Amman; Ankara; Athena; Auckland; Bagdad; Basrah; Beirut; Benslimane; Bergen; Berlin; Birmingham; Boston; Bradford; Brighton; Bristol; Brooklyn; Brussel; Calgary; Cape Town; Casablanca; Chicago; Christchurch; Kopenhagen; Sumbat; Daraa; Dearborn; Dhaka; Diwaniyah; Doha; Dublin; Dunedin; Edinburgh; Edmonton; Frankfort; Galway; Glasgow; Halifax; Hamburg; Hamilton; Irbid; Istanbul; Jacksonville; Johannesburg; Kampala; Karachi; Kashmir; Kensington; Khartoum; Krakow; Kuwait; Leipzig; London, Kanada; London, Inggris; Los Angeles; Madrid; Mahdia; Manchester; Manhattan; Marrakesh; Melbourne; Michigan; Milan; Milwaukee; Mogadishu; Montreal; Nabatieh; Nairobi; Nelson; New York; Nicosia; Norwich; Oslo; Ottawa; Palmerston; Paris; Peshawar; Philadelphia; Pittsburgh; Pristina; Rabat; Raleigh; Roma; San Jose; Sandton; Saskatoon; Sao Paulo; Srinagar; Sydney; St. John’s; Stuttgart; Teheran; Tokyo; Toronto; Tripoli; Tunisia; Vancouver; Wina; Warsawa; Waterloo; Washington; Wellington; Whanganui.

Sebelumnya, di Indonesia juga menggelar aksi solidaritas untuk Palestina pada akhir-akhir Ramadan yang bertepatan hari Senin (10/5), lembaga kemanusiaan yang konsen terhadap perjuangan rakyat Palestina dan pembebasan Masjid Al-Aqsa, Aqsa Working Group (AWG) menggalang aksi solidaritas serta kepedulian untuk rakyat Palestina dan Masjid Al-Aqsa serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Ketua Presidium AWG, Anshorullah menjelaskan, aksi damai tersebut dilaksanakan sambil berbagi takjil gratis secara serentak di 30 titik di kota-kota besar seluruh Indonesia pada Senin (10/5) sore. Titik lokasi aksi damai serentak ini tersebar mulai di ujung timur, Ternate sampai wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Jawa dan Sumatera. (T/R6/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)