Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aktivis Pro-Palestina di Inggris “Duduki” Pabrik Pengimpor Senjata ke Israel

Arina Islami - Rabu, 3 April 2024 - 15:54 WIB

Rabu, 3 April 2024 - 15:54 WIB

1 Views

London, MINA – Aktivis dari jaringan Aksi Palestina (Palestine Action) yang berbasis di Inggris telah berhasil “menduduki” pabrik Teledyne milik Amerika Serikat (AS) di West Yorkshire, Inggris karena pabrik tersebut “memproduksi komponen” untuk militer Israel.

Rekaman dari organisasi kemanusiaan itu menunjukkan bahwa seorang aktivis, naik ke atap, merusaknya dengan palu dan meneriakkan, “Untuk kelaparan yang dipaksakan, untuk genosida, untuk pemerkosaan massal terhadap perempuan, untuk pemboman gereja, untuk pemboman masjid,” merujuk pada impor senjata ke Israel yang dilakukan pabrik Teledyne.

Rekaman terpisah menunjukkan aktivis lain memecahkan jendela dan merusak atap situs Teledyne Defense and Space, diberitakan TRT World, Selasa (2/3).

Para pengunjuk rasa kemudian mengibarkan bendera Palestina dan meneriakkan, “Bebaskan Palestina” di atap.

Baca Juga: Australia, Selandia Baru, dan Kanada Desak Gencatan Senjata di Gaza

“(Teledyne) melanggar keamanan, para aktivis memanjat pabrik untuk mengambil alih atap, memaksa pabrik tersebut ditutup dan membuat pabrik tersebut tidak dapat memenuhi pengiriman suku cadang senjata untuk digunakan dalam genosida di Gaza,” kata Palestine Action dalam sebuah pernyataan.

Organisasi kemanusiaan itu menyebut, Teledyne and Space diberikan setidaknya 86 izin untuk ekspor senjata ke Israel dari tahun 2009 hingga 2014 dan mencatat bahwa berdasarkan volume izin yang diberikan, Teledyne adalah eksportir persenjataan terbesar dari Inggris ke Israel.

“Sebagian besar dari hampir 200 izin ekspor senjata dan suku cadang perusahaan tersebut ke AS pada tahun 2009-2020, juga akan menjadi produk jadi yang pada akhirnya akan diekspor ke Israel,” kata Palestine Action.

Pernyataan tersebut mencatat bahwa Teledyne memproduksi suku cadang, termasuk filter dan rakitan multi-fungsi, untuk UAV, pesawat terbang dan sistem radar, termasuk tipe AN/APG-81 (AESA) yang dipasang pada jet tempur Loc kheed Martin F-35.

Baca Juga: Kelompok Pro Palestina di Prancis Rencanakan Aksi Protes di Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Teledyne, perusahaan induknya, juga memproduksi sensor gambar untuk aplikasi militer dan teknologi radar di sekitar perbatasan Tepi Barat yang dijajah dan Gaza yang diblokade, serta menyediakan UAV bersenjata ke Israel sejak tahun 1973,” tambahnya.

Ini bukan pertama kalinya Palestine Action menyerang situs Teledyne. Komunitas ini pernah membongkar pabrik Teledyne Labtech di Presteigne, Wales pada tahun 2022, menyebabkan kerugian $1,3 juta. (T/Ai/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Ratusan Aktivis Yahudi Amerika Serukan Negaranya Embargo Senjata ke Israel

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Eropa
Palestina
Feature
Palestina