Al-Fatah Beri Pembekalan Santri Untuk Program Amal Sholeh Ramadhan

Al-Muhajirun, MINA – Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung mengadakan pembekalan bagi santri kelas 2 Madrasah Aliyah (MA) yang akan mengikuti kegiatan Ramadhan selama dua pekan di beberapa desa dan kecamatan yang ada di Provinsi Lampung.

Pembantu Mudir (Pimpinan) Bidang Akademik, Supardi, M.Pd. saat diwawancarai MINA, Kamis, (16/3), mengatakan program Amal Sholeh Ramadhan ini merupakan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi santri dan juga bentuk latihan dakwah di tengah masyarakat.

Supardi menambahkan, pembekalan tersebut diadakan selama enam hari (14-20/3) di Aula At-Taqwa Ponpes Al-Fatah Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan.

Pembekalan yang dimulai sejak Selasa, diisi pemateri dari asatidz Ponpes Al-Fatah Lampung. Materi yang diberikan berupa penjelasan Tata Tertib (Tatib), metode pembelajaran Al-Qur’an, cara bersosialisasi di masyarakat, tata cara imam dan adzan, dan public speaking.

Supardi mengatakan, program tersebut merupakan kegiatan tahunan yang khusus diamanati untuk kelas 2 MA setiap .

Baca Juga:  Senantiasa Beramal Shaleh adalah Mindset orang Beriman

“Tujuan diadakannya kegiatan ini, sebagai latihan berdakwah yang dipraktikan dan diterapkan di masyarakat banyak. Para santri juga terbiasa berinteraksi sosial dengan masyarakat sebagai objek dakwah (untuk mengamalkan ilmu) yang diajarkan oleh para guru selama di Ponpes Al-Fatah,” ujarnya.

Santri akan dikirim ke beberapa titik seperti, Bandar Lampung, Panaragan Tulang Bawang Barat, beberapa kecataman di Kabupaten Pringsewu, Bangun Rejo Lampung Tengah, beberapa kecamatan di Lampung Timur, Kecataman Jati Agung, Natar, dan Kalianda Lampung Selatan.

“Setiap tahun ada beberapa santri juga yang dikirim ke luar Lampung seperti ke Padang Sumatera Barat,” katanya.

Selama di masyarakat santri akan berkegiatan seperti mengajar ngaji santri TPQ, tahsin Al-Qur’an jamaah masjid, ceramah, menjadi imam shalat, pemateri taklim pengajian ibu-ibu, dan program-program lainnya. (L/imd/B03/RS2)

Baca Juga:  Bukan Heat Wave, BMKG: Peralihan Musim Penyebab Suhu Udara Jadi “Gerah”

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.