Al-Fatah Lampung Kunjungi MAN 1 Malang, Sekolah Berprestasi Berbagai Bidang Ekskul

Waka Kesiswaan MAN 1 Kota Malang, Iwan Setiawan saat menyambut pimpinan yayasan dan santri Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah di Aula MAN 1 Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, (29/2). (Photo: Hanin Kamila/MINA)

Malang, MINA – Rihlah Ilmiah Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah pada Kamis, (29/2) mengunjungi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Malang.

Disambut oleh , dalam sambutannya di aula , Malang, Jawa Timur menyampaikan sekolahnya dikenal karena branding sebagai sekolah yang berprestasi di berbagai bidang ekstrakurikuler (ekskul).

“Prestasi di bidang ekskul sangat berpengaruh pada nama baik sekolah ini, memang dalam beberapa cabang kami belum bisa menempati posisi terbaik. Tetapi tetap kami ikuti terus supaya itu bisa menjadi pengalaman bagi para siswa,” ujarnya.

MAN 1 Kota Malang memiliki 24 jenis cabang ekskul diantaranya, Tahfidzul Qur’an, Musik, Olimpiade, Riset, Badan Dakwah Islam (BDI), Gambus, Banjari, Kaligrafi, Qiro’ah, Paskibra, Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Gabungan Anak Pers Magesa (GAPMA), Futsal, Bulu Tangkis, Pencak Silat, Basket, Voli, Atletik, Tenis Meja, Teater, English Club, Broadcasting, dan Ikatan Pelajar Pecinta Bahasa (IPPBA).

Yang terbaru pada Oktober 2023 lalu, siswa MAN 1 Kota Malang, mendapatkan Juara 1 pada ajang Inisiator Muda Moderasi Beragama (IMMB) Tingkat Nasional.

Iwan juga memaparkan program-program yang diterapkan di MAN 1 Kota Malang untuk meningkatkan prestasi siswa. Iwan lebih menekankan pentingnya memberikan fasilitas dan pendampingan bagi siswa berbakat berbagai bidang. “Ini upaya kami untuk membranding MAN 1 Kota Malang sebagai sekolah berprestasi,” katanya. “Untuk prestasi Se-Provinsi Alhamdulillah sudah banyak kami dapatkan,” tutupnya.

Diantara program-program yang diterapkan, tentunya ditujukan untuk membentuk karakter siswa yang aktif serta agamis. Antaralain, Program Umum, Program 6K, Program Pengembangan Diri Siswa, Program Unggulan Akademik dan Non Akademik, Program Pembinaan Akhlaqul Karimah, Program Peningkatan Ibadah, dan lain-lain. Hukuman yang diberikan pun harus ada kaitannya dengan pembelajaran.

Ketua OSIS 1 MAN 1 Kota Malang, Thalita Qurratul Uyun mengatakan, program-program yang diterapkan sudah diatur sebagaimana mungkin bisa terlaksana dan diikuti oleh seluruh siswa. Tentunya atas kesepakatan seluruh anggota OSIS, dan para guru.

Dalam pertemuan ini, 88 peserta study tour MA Al Fatah, diberikan kesempatan untuk dapat berdiskusi langsung bersama anggota OSIS MAN 1 Kota Malang.

MAN 1 Kota Malang menjadi salah satu sekolah terfavorit di Kota Malang. Ekskul yang dijalankan, dan program yang diterapkan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. (L/kml/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.