Al-Fatah: LBTM Bentuk Jiwa Kepemimpinan Mudabbiroh

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – “Leadership Basic Training For Mudabiroh (LBTM)” diadakan untuk membentuk jiwa kepemimpinan mudabbiroh,” demikian penanggung jawab acara LBTM, Umi Sholeha.

Menurutnya, LBTM diadakan bagi seluruh pengurus Islamic Student Movement of Al-Fatah (ISMA), Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan ini guna membentuk karakter pemimpin pengurus. Demikian MINA melaporkan, Ahad (11/10).

“Karena mudabbiroh yang akan memimpin adik-adiknya kelak,” ucapnya.

ISMA adalah lembaga yang dibentuk dengan pengurus yang dipilih dari santri yang mempunyai potensi menjadi pemimpin seperti OSIS di sekolah umum.

Menurut Sholeha, maksud dari jiwa kepemimpinan, mudabbiroh dapat mengajak dalam kebaikan dan dapat memberikan contoh tegas dalam memutuskan suatu kebijakan.

Training ini diadakan setiap tahun pasca pelantikan mudabbiroh baru dan tahun ini dilaksanakan selama 10 hari, memanfaatkan waktu di luar jam belajar santri.

Peserta yang mengikuti LBTM ini sejumlah 80 pengurus ISMA terdiri dari 45 orang pengurus MA regular, dan 35 pengurus dari ISMA Lembaga Tahfidz.

“Saya berharap agar semua mudabbiroh dapat menjadi pemimpin yang jujur, kreatif, dan bijaksana,” harapnya.
Sholeha juga mempunyai keinginan agar semua mudabbiroh saat lulus dapat mempunyai keterampilan.

Salah satu peserta LBTM, Adel Fitriana, mudabbiroh ukhuwah, mengatakan merasa senang dengan diadakannya kegiatan yang bermanfaat ini.

“Saya menjadi lebih mengerti arti sebuah kepemimpinan, mengubah mental menjadi lebih kuat, dan menjadi seorang pemimpin yang cerdas,” katanya.

Adapun materi yang diberikan pada LBTM diantaranya berjamaah, akidah, akhlak, kedisiplinan, kepemimpinan, kemuslimatan, dan kewirausahaan. (L/lmr/nra/B03/P1).

Mi’raj News Agency (MINA)