Al-Hayyah: Kesepakatan Kairo 2011 Dasar Pembahasan Rekonsiliasi

(Foto: )

Gaza, MINA – Anggota Biro Politik Hamas, Khalil Al-Hayyah mengatakan, putaran dialog rekonsiliasi yang digelar di selama tiga hari sejak Selasa (21/11) bertujuan untuk menyetujui mekanisme dalam mengimplementasikan Kesepakatan Kairo 2011 di bawah naungan Mesir.

Al-Hayyah menegaskan, Hamas akan mencapai rekonsiliasi dengan sangat jujur ​​dan percaya diri menunjukkan bahwa ada konsensus nasional mengenai Kesepakatan Kairo 2011 sebagai sebuah konstitusi untuk mewujudkan rekonsiliasi.

“Kita sedang menjalani tahapan nasional di mana semangat persatuan dan kesatuan di antara orang-orang kita sangat dibutuhkan,” kata Al-Hayah dalam Forum Media di Gaza sebagaimana keterangan pers yang dikutip MINA, Rabu.

Dia mencatat bahwa bagian pertama rekonsiliasi yang memberdayakan pemerintah telah terpenuhi. Dia meminta untuk melaksanakan misinya di Gaza.

“Kami membutuhkan pemerintahan bersama nasional dan ini harus diumumkan pada pertemuan Kairo,” ujarnya.

Al-Hayyah menyatakan, para pihak sepakat untuk membentuk sebuah komite keamanan bersama yang bertanggung jawab membangun kembali aparat keamanan dan menindaklanjuti kebijakan keamanan dalam sebuah visi terpadu.

Dia juga menyerukan untuk membangun kembali dan mengembangkan PLO serta menetapkan garis waktu untuk pemilihan umum dan Dewan Nasional.

Al-Hayyah menegaskan, isu rekonsiliasi pertama yang harus menjadi hasil pertemuan di Kairo adalah mengaktifkan kembali PLO atas dasar demokrasi yang menyerukan segera menyelesaikan undang-undang pemilihan umum.

“Sebaiknya segera mengatur waktu untuk menyelenggarakan pemilihan umum,” imbuhnya.

Terlebih, Al-Hayyah menyerukan untuk mengakhiri penangkapan politik di Tepi Barat yang diduduki demi meredakan situasi.

Dia menunjukkan bahwa semua rakyat memiliki hak untuk menikmati rekonsiliasi nasional.

“Rakyat memiliki hak untuk menuntut Pemerintah Persatuan tidak hanya untuk mengangkat sanksi, tapi juga untuk memberikan kehidupan yang layak bagi warga Palestina dengan segala cara yang mungkin dan sah,” tambahnya.

“Kami melaksanakan semua yang telah disepakati, dan kami akan bertindak positif dalam semua tahap yang akan datang untuk memastikan keberhasilan pemerintah,” tambahnya. (T/R01/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.