Al-Jubeir Bantah Saudi Tinggalkan Aliansi dengan AS dan Barat

Manama, MINA – Menteri Luar Negeri Saudi membantah laporan media bahwa bermaksud untuk menggeser aliansinya dari Amerika Serikat (AS) dan Barat.

“Kerajaan Arab Saudi memiliki hubungan strategis dengan Amerika Serikat yang kembali ke tahun 1930-an, itu diabadikan oleh pertemuan dengan Raja Abdulaziz dan Presiden Franklin Roosevelt,” kata Al-Jubeir.

“Teman-teman datang dan pergi tetapi tetap ada keinginan bekerjasama erat, ini adalah bagaimana kita melihat hubungan kami dengan Barat pada umumnya dan Amerika Serikat pada khususnya.”

Komentar Al-Jubeir muncul sebagai tanggapan atas pertanyaan Arab News pada hari pertama Dialog Manama tahunan yang diselenggarakan oleh Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS).

Dalam kesempatan itu Al-Jubeir juga memuji strategi Timur Tengah Pemerintah AS saat ini, terutama dalam kaitannya dengan masalah Iran.

Ia mengatakan, Presiden Donald Trump telah melindungi sekutu AS sejak ia menjabat, sebuah kebijakan luar negeri yang disebutnya  “rasional dan realistis.” (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.