AL-FATAH ADAKAN SIMAAN TINGKAT NASIONAL

musabaqah tilawatil quran

Pembukaan Acara Simaan Tahfidz Quran di Masjid At-Taqwa, Cileungsi-Bogor (Potho: Rahmi/Mirajnews.com)
Pembukaan Acara Simaan Tahfidz Quran di , Cileungsi-Bogor (Potho: Rahmi/Mirajnews.com)

Bogor, 17 Dzulhijjah 1435/10 Oktober 2014 (MINA) – mengadakan simaan Al-Qur’an yang diikuti dari berbagai daerah dan wilayah Indonesia di Masjid At-Taqwa, Cileungsi-Bogor, selama dua hari, Sabtu dan Ahad.

Para peserta tingkat SMP dan SMA datang dari Lampung, Singkawang, Pekalongan, Wonogiri, Jambi, Sukabumi, Maos, Cileungsi bahkan sampai negeri jiran, Malaysia.

“Alhamdulillah, dari beberapa wilayah seperti Lampung mengirim 20 tahfidz sebagai delegasi (ikhwan dan akhwat),” kata ketua acara Simaan Prestasi Tahfidz Al-Quran, Gufran, kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat.

Dia mengatakan, berdasarkan  data yang diterimanya, ara delegasi yang hadir berasal dari, Singkawang, Pekalongan, Wonogiri, Lampung, Cileungsi, dan Malaysia.

Simaan yang berlangsung selama dua hari (16-17 Dzulhijah ) tersebut mengambil tema “Dengan Al-Quran Kita Mulia”.

Adapun kategori dari simaan tersebut terdiri dari simaan untuk 5, 10, sampai 15 juz. Dan yang menjadi aspek penilaian berupa adab, tajwid, kelancaran, sifat al-huruf, makhoorij al-huruf, dan suara.

Tujuan diadakannya acara simaan tersebut adalah untuk meningkatkan kepedulian dan menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Quran dan mempererat ukhwah Islamiyah.

Adapun bentuk dari kegiatan yang diikuti oleh puluhan santri itu mengetes kemampuan hafalan Al-Quran dengan system melanjutkan ayat yang dipilih acak.

Kegiatan yang nantinya akan dilanjutkan ke Lampung, Desember mendatang akan lebih memfokuskan pada lughah (bahasa) dan beberapa lomba lainnya, seperti pidato dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Ponpes Al-Fatah saat ini memiliki 23 cabang diantaranya, Sumatera Utara-NAD, Lampung, Jambi, Singkawang (Kalbar), Pekalongan, Wonogiri (Jateng), Jambi, Maos (Jateng), Sukabumi, Malaysia dan lain-lain.(L/P004/P007-P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0