ALIANSI JURNALIS INTERNASIONAL KECAM SERANGAN POLISI ISRAEL TERHADAP WARTAWAN

Foto: world bulletin
Foto: world bulletin

Al-Quds, 2 Sya’ban 1435/31 Mei 2014 (MINA)- Sebuah aliansi yang mewakili sekitar 500 wartawan internasional (Foreign Press Association), Sabtu mengecam serangan polisi penjajah Israel terhadap wartawan di Al Quds Timur.

Lembaga internasional itu mengutuk keras perilaku premanisme dan intimidasi   terhadap wartawan dan juru kamera yang meliput peristiwa di Damaskus Gate pada peringatan Hari Al Quds, Jum’at lalu.

“Sementara itu, kedua awak media itu masih dalam penahanan pihak Zionis Israel. Media Palestina Alray melaporkan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Polisi Israel dengan keras mendorong, menendang dan melarang mereka untuk meliput. Satu fotografer dipukul di perutmenggunakan senjata M 16,”kata saksi mata.

Kelompok itu mengatakan, juru bicara polisi asing tiba di tempat kejadian tapi gagal mencegah  menyerang terhadap wartawan itu.

Unjuk rasa yang terjadi sejak Rabu (28/5) tersebut memperingati “Al Quds Day” yang dirayakan setiap tahun pada 28 Mei.

Pasukan penjajah Israel secara paksa membubarkan demonstran Palestina yang memprotes pendudukan Israel, serta menangkap 12 orang  dari mereka.

Israel menduduki Yerusalem Timur selama sejak Perang 1967 dan menduduki Al-Quds pada 1980. Mereka mengklaim Al-Quds merupakan ibukota negara Yahudi, walaupun hal itu tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional.(T/Nidiya/P04)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)


Comments: 0