Aljazair Undang Lebih Banyak Faksi Palestina untuk Pembicaraan Rekonsiliasi

Aljir, MINA – Aljazair mengundang lebih banyak faksi Palestina untuk menuju pada Pembicaraan Rekonsiliasi. Kali ini Jihad Islam di Palestina (IJP) dan Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina (PFLP) diundang untuk berpartisipasi dalam dialog internal Palestina yang diselenggarakan oleh negara Afrika Utara itu.

Delegasi senior Hamas dan Fatah juga ke di Aljir pada awal September untuk mempersiapkan diskusi, Middle East Monitor melaporkan.

IJP dan PFLP mengatakan pada Selasa (4/10), mereka telah menerima undangan dari Aljazair untuk berpartisipasi dalam dialog internal Palestina itu.

Juru bicara IJP, Daud Shehab, mengumumkan penerimaan gerakannya atas undangan tersebut dan memuji upaya Aljazair untuk mengakhiri perpecahan internal Palestina.

“Aljazair adalah negara besar dengan pengaruh besar. Negara ini memiliki peran bersejarah, efektif dan khas terkait dengan masalah Arab,” katanya

Sementara itu, pejabat PFLP, Maher Mezher, mengatakan pihaknya telah menerima undangan untuk dialog yang rencananya akan digelar pada 10 Oktober mendatang.

Pada 6 Desember 2021, Presiden Aljazair Abdul Majeed Tebboune mengumumkan rencana untuk menjadi tuan rumah bagi faksi-faksi Palestina berdiskusi dengan tujuan mengakhiri perpecahan internasional mereka yang dimulai pada 2007, menyusul penolakan Fatah mengakui kemenangan pemilihan Hamas pada 2006. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)