ALM Sepakati Lima Konsensus Terkait Krisis Myanmar

Foto: Biro Setpres

Jakarta, MINA – Para pemimpin negara ASEAN akhirnya menyetujui lima poin konsensus terkait krisis Myanmar dalam ASEAN Leader’s Meeting (ALM), Sabtu (24/4) di Jakarta.

Seperti diunduh dari laman Sekretariat ASEAN, lima konsensus itu terdiri dari, pertama, kekerasan harus segera dihentikan di Myanmar dan semua pihak harus menahan diri sepenuhnya.

Kedua, dialog konstruktif antara semua pihak terkait untuk mencari solusi damai demi kepentingan rakyat. Ketiga, utusan khusus Ketua ASEAN akan memfasilitasi mediasi proses dialog dengan bantuan Sekretaris Jenderal ASEAN.

Keempat, ASEAN akan memberikan bantuan kemanusiaan melalui AHA Centre. Kelima, utusan khusus dan delegasi akan mengunjungi Myanmar untuk bertemu semua pihak terkait.

Sebelumnya, seperti dikutip darI CNN, Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin mengklaim pemimpin junta militer Myanmar Min Aung Hlaing sepakat untuk mengakhiri kekerasan terhadap warga sipil.

Sedangkan, PM Singapura Lee Hsien Loong juga menyebut Hlaing tidak menentang usulan untuk mengirim bantuan kemanusiaan. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.