AL-QAEDA SALAHKAN OBAMA ATAS KEMATIAN SANDERA

Wartawan Amerika Serikat Luke Somers (Foto: AP)
Wartawan Amerika Serikat Luke Somers (Foto: AP)

Sanaa, Yaman, 18 Safar 1436/11 Desember 2014 (MINA) – Al-Qaeda menyalahkan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama atas kematian dua sandera, seorang wartawan foto Amerika dan seorang guru Afrika Selatan, selama upaya penyelamatan yang gagal oleh pasukan AS pada akhir pekan lalu.

Luke Somers dan warga Afrika Selatan Pierre Korkie dibunuh oleh penculiknya Sabtu lalu ketika pasukan AS dan Yaman menyerbu pangkalan Al-Qaeda di barat daya Yaman.

“Obama membuat keputusan yang salah, dan menandatangani surat perintah hukuman mati bagi rekan senegaranya (Somers),” pimpinan Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) Nasser bin Ali Al-Ansi mengatakan dalam video yang dirilis Kamis (11/12), Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Serangan AS yang gagal terjadi hanya sehari sebelum Korkie rencananya akan dibebaskan di bawah kesepakatan dengan para penculik.

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel mengatakan ada “alasan kuat” untuk percaya bahwa hidup Somers dalam bahaya sebelum operasi penyelamatan diluncurkan.

The New York Times memberitakan, Somers ditembak oleh para penculiknya di saat serangan gabungan pasukan AS dan Yaman berhasil mendapatkannya dalam kondisi terluka parah.

Harian itu juga melaporkan, Somers meninggal saat diterbangkan ke pangkalan angkatan laut AS di wilayah tersebut.

Somers diculik di ibukota Yaman pada September 2013, ketika ia bekerja sebagai wartawan foto untuk Yaman Times. Dia juga menjadi kontributor Al Jazeera.

Sementara Korkie diculik bersama istrinya Mei 2013, namun istrinya dibebaskan pada bulan Januari.

AQAP yang dianggap oleh Washington sebagai afiliasi paling berbahaya dari Al-Qaeda, telah memanfaatkan ketidakstabilan di Yaman sejak pemberontakan 2011 yang memaksa Presiden Ali Abdullah Saleh mundur.

Dan dalam beberapa tahun terakhir kelompok ini telah melakukan semakin banyak penculikan, dengan beberapa sandera masih berada di penangkaran. (T/P001/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

http://aljazeera.com/news/middleeast/2014/12/al-qaeda-blames-obama-over-hostage-deaths-20141211620244102.html

Comments: 0