AL-QAEDA YAMAN KLAIM BUNUH PEMIMPIN HOUTHI

Ansar Al-Shariah di Yaman klaim bertanggungjawab atas pembunuhan pemimpin Houthi. (Foto: AFP)
Ansar Al-Shariah di klaim bertanggungjawab atas pembunuhan . (Foto: AFP)

Sanaa, 28 Jumadil Awwal 1436/18 Maret 2015 (MINA) – di Yaman mengklaim membunuh seorang pemimpin kelompok militan Syiah Houthi di ibukota Sanaa pada Rabu (18/3).

Kelompok Ansar Al-Sharia mengatakan di Twitter-nya, Kamis, dua pejuangnya naik sepeda motor lalu menembak mati pemimpin Houthi Abdel-Karim Al-Kheiwani pada Rabu sore di Sanaa.

Pemimpin Houthi Mohamed Al-Bekheiti mengatakan kepada Anadolu Agency, Al-Kheiwani ditembak mati di sebuah jalan di Sanaa, Albawaba News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), melaporkan.

Kelompok bersenjata Houthi muncul sebagai kekuatan politik dan militer yang tangguh sejak September tahun lalu, ketika mereka menguasai kendali ibu kota Sanaa sebelum mendirikan kontrol atas wilayah Yaman yang lain.

Bulan lalu, Houthi mengeluarkan deklarasi konstitusional membubarkan parlemen dan membentuk dewan transisi 551 anggota.

Namun deklarasi itu ditolak oleh sebagian besar kekuatan politik Yaman bersama beberapa negara tetangga. Penguasaan Houthi terhadap ibukota yang memaksa pemerintah mengundurkan diri, digambarkan sebagai “kudeta” terhadap legitimasi konstitusional. (T/P001/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0